WHO: Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Tertinggi se-Asia

Penulis: Ria Situmorang

WHO: Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Tertinggi se-Asia

Ilustrasi kondisi jalanan Singapura, negara dengan angka kecelakaan lalu lintas terendah di Asia (Coconuts Singapore)

Minggu, 29 Mei 2016 | 07:50

Analisadaily – Lembaga kesehatan dunia dibawah naungan PBB (WHO) baru-baru ini merilis The Global Report on Road Safety yang menampilkan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi sepanjang tahun di 180 negara.

Tidak mengejutkan memang melihat nama Indonesia berada di daftar ini mengingat banyaknya pengendara di Indonesia yang kerap kali kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas.

Faktanya Indonesia menjadi negara ketiga di Asia di bawah Tiongkok dan India dengan total 38.279 total kematian akibat kecelakaan lalu lintas di tahun 2015.

Meskipun Indonesia secara data memang menduduki peringkat ketiga namun dilihat dari presentase statistik dari jumlah populasi, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan angka kematian 0,015 persen dari jumlah populasi di bawah Tiongkok dengan presentase 0,018 persen dan India 0,017 persen.

Foto rilis (WHO)

Foto rilis (WHO)

Dilansir dari laman Coconuts Singapore, Minggu (29/5), WHO juga merilis data bahwa regulasi lalulintas di Indonesia tidak begitu tegas mengatur tentang praktik mengatur kecepatan dalam berkendara, mengemudi di saat mabuk, memakai helm, penggunaan sabuk pengaman dan keamanan anak selama berkendara.

Selain Indonesia, Amerika Serikat, Pakistan, Nigeria dan Bangladesh juga masuk dalam daftar negara dengan angka kematian tertinggi dari kecelakaan lalu lintas di dunia. 

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar