Unik! Bayi ini Bernyanyi di Rahim Ibunya

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Reza Perdana

Unik! Bayi ini Bernyanyi di Rahim Ibunya

Bayi bernyanyi di dalam rahim (Daily Mail)

Kamis, 8 Oktober 2015 | 17:43

Analisadaily - Bayi yang belum lahir ke permukaan bumi ternyata dapat mendengar sebuah alunan musik di dalam rahim setelah 16 minggu kehamilan. Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa janin mampu mendeteksi suara, bahkan mereka dapat merespon dengan menggerakkan mulut dan lidah mereka.

Stimulasi suara ini diterima oleh telinga bayi yang belum lahir, dan bisa terjadi pada minggu ke-16 kehamilan. Dr Marisa Lopez-Teijon yang memimpin penelitian mengatakan temuan menunjukkan janin merespon musik yang ditransmisikan dalam vagina dengan menggerakkan mulut dan lidah mereka, seolah-olah mereka mencoba untuk berbicara atau menyanyi.

Peneliti mencatat metode mereka dapat digunakan untuk menyingkirkan diagnosa janin yang tuli. Hal ini juga memungkinkan orang tua untuk memastikan kesejahteraan janin, karena musik merangsang bagian otak yang terlibat dalam komunikasi, dan mendengar suara janin merespon dengan gerakan.

Menggunakan perangkat yang dikenal sebagai Babypod dan dikembangkan untuk penelitian, ibu bisa mulai untuk merangsang keterampilan komunikasi bayi sebelum lahir. Pada intinya, alat ini dapat merangsang bayi untuk belajar sebelum mereka dilahirkan. 

Suara musik yang dipancarkan melalui bagian dalam vagina, memiliki sebuah speaker khusus. Lagu yang dibawakan oleh Sebastian Bach dengan judul Partita in A Minor menunjukkan bahwa janin membuat gerakan kepala dan anggota tubuh secara spontan, lalu pindah kemulut atau lidah mereka.

"Kami menyadari dan mengakui pentingnya berbicara dengan bayi dari saat mereka lahir untuk melakukan stimulasi saraf. Sekarang kita memiliki kesempatan yang luar biasa untuk melakukan hal ini lebih cepat, dan merupakan kemajuan besar," kata Marisa, seperti dilansir dari Daily Mail, Kamis (8/10).

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar