Unik, Ada Cacing Berbentuk Pohon Natal

Penulis: Nancy Simangunsong | Editor: Lely Novita

Unik, Ada Cacing Berbentuk Pohon Natal

 Cacing Pohon Natal (Amusing Planet/ Daniel Kwok)

Jumat, 25 Desember 2015 | 10:04

Analisadaily - Secara ilmiah, cacing ini dinamakan Spirobranchus giganteus. Namun cacing ini lebih dikenal dengan sebutan Christmas Tree Worm atau Cacing Pohon Natal.

Disebut Cacing Pohon Natal bukan karena mereka memakan pohon ara, tetapi karena cacing-cacing ini memiliki bentuk tubuh yang sangat mirip dengan pohon Natal.

(Amusing Planet/

Cacing Pohon Natal (Amusing Planet/Matt Kieffer)

Dilansir dari Amusing Planet, Jum'at (25/12), Spirobranchus giganteus hidup di laut dan memiliki dua bulu spiral indah yang menonjol dari tubuh seperti tabung dan terlihat seperti pohon Natal kecil.

Cacing Pohon Natal (Amusing Planet

Cacing Pohon Natal (Amusing Planet/Doug Finney)

Bulu-bulu ini terdiri dari rambut pelengkap yang disebut radioles, yang memancar dari tulang belakang pusat cacing dan membantu mereka untuk mengambil makanan. Cacing jenis ini biasanya memakan tanaman mikroskopis, atau fitoplankton, yang mengambang di air. Bulu-bulu cantik ini juga mereka gunakan untuk pernafasan.

Berukuran kurang dari 4 cm, Christmas Tree Worm hadir dengan berbagai warna, termasuk oranye, kuning, biru, dan putih. Mereka mudah terlihat karena bentuknya, keindahan, dan warnanya yang cerah.

Cacing Pohon Natal (Amusing Planet

Cacing Pohon Natal (Amusing Planet/Doug Finney)

Cacing Pohon Natal tidak suka banyak bergerak. Begitu mereka menemukan tempat yang baik pada karang berkapur, mereka akan menggali lubang dan tinggal di sana selama sisa hidup mereka. Mereka sangat sensitif terhadap gangguan dan akan cepat masuk ke lubang mereka ketika ada sentuhan atau ada bayangan yang lewat.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar