Tujuh Hal Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017 (Part II)

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Tujuh Hal Menakjubkan Sepanjang Tahun 2017 (Part II)

Masyarakat melihat Gerhana Matahari Total yang menjadi fenomena alam tahun 2017 (BBC)

Rabu, 27 Desember 2017 | 14:36

Analisadaily - Beberapa fenomena menakjubkan terjadi sepanjang tahun 2017. Berikut fenomena menarik yang patut kita ingat seperti dilansir dari BBC, Rabu (27/12):

Fosil Homo Sapiens

Pada bulan Juli, peneliti menemukan fosil lima manusia purba Homo Sapiens di Afrika Utara. Penemuan fosil itu membuktikan Homo Sapiens telah ada 100.000 tahun lebih awal dari yang diketahui sebelumnya.

Gerhana Matahari

Pada tanggal 21 Agustus, gerhana matahari total terjadi di banyak negara. Salah satunya di Amerika Serikat. Ini menjadi spesial karena gerhana matahari total terakhir kalinya terjadi pada tahun 1776. Jutaan orang berkumpul di sepanjang jalan untuk melihat gerhana matahari total.

Asteroid Aneh

Para ilmuwan telah memperkirakan selama bertahun-tahun, bumi akan dikunjungi sebuah asteroid dari ruang antar bintang.

Ternyata 2017 menjadi tahun pertama bumi dikunjungi asteroid bernama 'Oumuamua. Asteroid itu ditemukan pada bulan Oktober dan awalnya diklaim sebagai kendaraan alien.

Bentuknya yang mirip dengan cerutu membuat peneliti heran. Saat ini asteroid tersebut masih dalam penelitian.

Gunung es raksasa

Salah satu gunung es terbesar yang pernah terbentuk dan memisahkan diri dari lapisan es Antartika Larsen C terjadi pada bulan Juli 2017. Gunung es mencakup area seluas 6.000 km persegi atau sekitar seperempat ukuran negara Wales.

Peneliti berpikir, Larsen C sekarang berada pada tingkat terkecil sejak akhir zaman es yakni sekitar 11.700 tahun yang lalu. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengetahui lebih rinci tentang gunung es tersebut.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar