Terumbu Karang Besar Ditemukan di Sungai Amazon

Penulis: Elfa | Editor: Ria Situmorang

Terumbu Karang Besar Ditemukan di Sungai Amazon

Terumbu karang yang ditemukan di sungai amazon (Huffingtonpost)

Minggu, 24 April 2016 | 12:41

Analisadaily - Para peneliti menemukan terumbu karang besar di perairan berlumpur di sungai amazon. Terumbu karang ditemukan di sungai air tawar yang bermuara ke samudera atlantik dekat timur laut Brazil. Penemuan ini awalnya tanpa disengaja. Tim bertujuan untuk meneliti bagaimana tumbuhan mempengaruhi penyerapan karbon dioksida. Tapi, ilmuan di ekologi terumbu Rodrigo Moura mendapatkan hasil berbeda.

"Berdasarkan data dari tahun 1977, peneliti mengatakan berhasil menangkap beberapa ikan di terumbu karang,” kata profesor Patricia Yager, dari University Georgia.

Para peneliti menggunakan sonar untuk mencari tahu daerah mana yang ingin mereka selidiki. Karang ditemukan di antara kedalaman 164 dan 329 kaki di sekitar 5.900 mil persegi.

"Kami menemukan hewan berwarna-warni yang paling menakjubkan yang pernah saya lihat selama ekspedisi. Hewan-hewan termasuk kipas laut, ikan berwarna cerah, merah dan merah muda, serta karang seperti kulit ganggang," kata Yager.

Para ilmuwan terkejut menemukan karang yang mampu hidup di daerah tanpa cahaya dan rendahnya tingkat oksigen. Para peneliti telah mengumpulkan sampel karang dari penduduk sejak 2012, termasuk keranjang bintang, spons besar dan 73 spesies ikan berbeda.

Terumbu karang yang ditemukan di sungai amazon. (Huffingtonpost)

Terumbu karang yang ditemukan di sungai amazon. (Huffingtonpost)

Dilaporkan dari Huffingonpost, Minggu (24/4), karang Amazon dalam bahaya. Mereka terancam akibat eksplorasi minyak industri. Pemerintah Brazil telah menjual sejumlah besar lahan kepada perusahaan untuk eksplorasi minyak.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar