Temukan 5 Tempat Wisata Tersembunyi di Balikpapan

Temukan 5 Tempat Wisata Tersembunyi di Balikpapan

Sumber: @liivingborneo

(rzp/eal)

Jumat, 11 Oktober 2019 | 00:10

Analisadaily - Sudah puas menjelajah pulau Jawa dan Bali? Tidak ada salahnya mampir ke Kalimantan. Jika ditanya soal kota dengan perekonomian terbesar seantero Pulau Kalimantan, maka jawabannya adalah Balikpapan.

Kota yang dijuluki Kota Minyak ini memiliki suku asli, yaitu Suku Paser Balik. Rangkaian perbukitan dan panorama pantai di sepanjang kota membuat Balikpapan memiliki daya tarik tersendiri.

Balikpapan menyimpan tempat-tempat wisata yang belum terjamah banyak orang. Kira-kira apa saja ya? Yuk, cari tahu tempat wisata tersembunyi di Balikpapan berikut ini.

1. Waduk Manggar

Tempat wisata tersembunyi yang pertama adalah sebuah waduk yang berada di Jalan Soekarno-Hatta. Waduk Manggar masih jarang dikunjungi orang-orang sehingga Anda dapat merasakan kesunyian dan ketenangan saat berada di sana.

Apalagi karena lokasi waduk ini jauh dari pusat kota Balikpapan. Waduk Manggar menjadi sumber air bagi masyarakat kota ini.

Selain menjadi sumber air, Waduk Manggar juga dihuni oleh berbagai macam burung seperti pecuk, kirik-kirik laut, kirik-kirik biru, elang bondol, dan burung pengisap nektar. Di sekitar waduk, terdapat area berkemah, lokasi outbound, dan permainan paintball. Bahkan beberapa komunitas bersepeda sering melewati waduk ini dalam rute mereka.

2. Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin Lamaru memiliki panorama alam yang indah, tetapi belum banyak yang tahu tentangnya. Sebutan danau cermin diambil dari penampakan danau ini yang mirip seperti cermin, yaitu memantulkan bayangan dari pepohonan dan awan sehingga tampak mirip aslinya. Danau ini bernama asli Danau Rawamangun.

Danau unik ini terbentuk secara tidak sengaja karena pengerukan tanah untuk kebutuhan tempat latihan tembak TNI AD. Air dari danau ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi akibat kandungan tanah liat dan batu bara sehingga tidak layak dikonsumsi.

3. Pantai Monpera

Pantai Monpera atau Pantai Monumen Perjuangan Rakyat ini berada di tengah kota. Terdapat patung pahlawan Kalimantan Timur yang berjuang melawan penjajahan. Anda dapat bersantai di taman yang rindang dan duduk untuk menikmati pemandangan pantai.

Berbeda dengan pantai lainnya, tidak ada penyewaan pelampung dan peralatan renang, tetapi hanya ada penyewaan banana boat. Cobalah mencicipi kudapan khas Balikpapan dan berswafoto untuk mengabadikan momen.

4. Bukit Alpha

Bukit Alpha atau Bukit Manggar Lestari merupakan salah satu destinasi wisata yang masih jarang dikunjungi orang. Padahal, pemandangan bukit dan jalan setapaknya sangat mengesankan. Bukit ini bisa menjadi latar yang pas jika Anda ingin berburu foto dan video.

Ajaklah teman karena rasanya tidak asyik jika hanya pergi sendirian. Anda bahkan bisa berpiknik di bukit ini.

5. Hutan Lindung Sungai Wain

Tempat wisata tersembunyi yang terakhir adalah Hutan Lindung Sungai Wain. Ada beragam kawasan hutan yang ada di sana, misalnya hutan rawa air tawar, hutan sungai, rawa terbuka, hutan dataran rendah yang lembap, dan hutan perbukitan kering.

Ketika Anda memasuki kawasan ini maka akan merasakan udara sejuk, segar, dan menenangkan. Tempat ini cocok untuk melepas stres dan penat.

Jangan sampai ketinggalan memesan tiket pesawat Xpress Air ke Balikpapan! Gunakan Airy untuk kemudahan pencarian tiket penerbangan dan temukan tiket pesawat Sriwijaya dengan berbagai penawaran harga. Ingin refund dan reschedule? Layanan Airy siap membantu Anda, terhindar dari penipuan, dan tak mengecewakan.

Destinasi wisata tersembunyi di Balikpapan yang telah disebutkan sangat menarik dan sayang jika terlewat untuk dikunjungi. Anda dapat menikmati panorama dan suasana dengan tenang karena wisata tersembunyi masih jarang dikunjungi. Tunggu apa lagi? Ayo, berlibur ke Balikpapan bersama Airy.

(rzp/eal)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar