Surat Albert Einstein Terjual Rp 700 Jutaan

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Reza Perdana

Surat Albert Einstein Terjual Rp 700 Jutaan

Albert Einstein (Crystalinks.com)

Kamis, 6 April 2017 | 18:21

Analisadaily - Sebuah surat milik ilmuwan terkenal asal Jerman, Albert Einstein, untuk membalas permintaan dari seorang guru sains pada tahun 1953 terjual seharga $53.503 atau setara Rp 713 jutaan dalam sebuah lelang.

Einsten membuat surat balasan dari kuesioner sebanyak dua halaman yang disampaikan oleh Arthur Converse, seorang guru sains dai Iowa, tentang teori elektrostatik dan relativitas khusus.

Surat tersebut dilelang oleh rumah lelang Nate D Sanders dengan harga pembukaan $15.000 dan dibeli oleh orang tak dikenal. Sebelumnya surat tersebut telah dipegang oleh keluarga Converse selama bertahun-tahun.

surat tulisan Albert Einstein yang dilelang. (Hindustan Times)

Surat Albert Einstein yang dilelang. (Hindustan Times)

Converse merupakan seorang guru sains dan telah mengirimkan kuesioner kepada Einstein mengenai percobaan elektroskop. Itu adalah sebuah instrumen ilmiah yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan dan besarnya muatan listrik.

“Jelas bagi pembaca, Einstein tertarik pada pertanyaan Converse dan ia dengan murah hati menanggapi pertanyaan,” kata Nate Sanders, pemilik rumah lelang Nate D Sanders, seperti dilansir dari Hindustan Times, Kamis (6/4).

“Dokumen-dokumen ini menunjukkan hal yang langka tentang kemurahan hati Einstein dan kemauan untuk membantu para guru agar lebih memahami dan saling berkomunikasi tentang teorinya,” tambahnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar