Sosok Spesial di Balik Lirik Aneh Bohemian Rhapsody

Penulis: Eka Azwin Lubis

Sosok Spesial di Balik Lirik Aneh Bohemian Rhapsody

Queen (Getty Images)

Kamis, 24 Oktober 2019 | 11:10

Analisadaily - Lirik aneh yang dibuat Freddie Mercury dalam lagu Bohemian Rhapsody disinyalir merupakan penghormatan untuk istrinya, Mary.

Freddie menjalin hubungan dengan Mary Austin dari tahun 1970 hingga 1976. Diyakini sejumlah hal aneh yang dinyanyikannya dalam Bohemian Rhapsody adalah pesan untuk mantan istrinya tersebut.

Vokalis Queen itu pertama kali bertemu Mary pada awal 70-an. Kemudian mereka hidup bersama sebelum hubungan gelap Freddie dengan seorang pria yang merupakan eksekutif rekaman terungkap.

Pada tahun 1976, Freddie mengatakan kepada Mary bahwa dirinya merupakan gay. Alhasil hubungan asmara mereka berakhir. Namun keduanya tetap menjalin persahabatan dan berkomunikasi seperti biasa.

Sementara lagu Bohemian Rhapsody yang dirilis pada tahun 1975 diyakini banyak orang sebagai gambaran tentang Mary.

Freddie yang mengarang lagu itu tidak bersedia menjelaskannya. Ia hanya mengatakan bahwa lagu itu bercerita tentang hubungan dua individu.

(Getty Images)

Mary Austin dan Freddie Mercury (Getty Images)

"Ini salah satu lagu yang memiliki fantasi tentang hal itu (hubungan). Saya pikir orang-orang harus mendengarkannya, memikirkannya, dan kemudian mengambil keputusan sendiri seperti apa yang dikatakan kepada mereka," kata Freddie ketika ditanya tentang makna lagunya.

"Aku melakukan sedikit riset, meskipun itu opera lidah. Kenapa tidak?"

Sementara seorang pengamat musik, Sheila Whiteley, meyakini Bohemian Rhapsody bercerita tentang kisah cinta pertama Freddie sebagai gay setelah tujuh tahun tinggal bersama Mary.

Menurutnya kata 'Mama' dalam lagu itu sebenarnya berarti 'Mary'. Sementara lirik 'Mama Mia let me go' berarti 'Mary let me go'.

Setelah berpisah, Freddie tetap berteman dekat dengan Mary sampai hari kematiannya tanggal 24 November 1991. Mereka pindah dari rumah yang sebelumnya ditinggali bersama.

Freddie kemudian membeli sebuah rumah di Kensington, Inggris, dan membelikan Mary rumah di dekatnya. Ia sering menyebut Mary sebagai satu-satunya teman sejati.

(Getty Images)

Mary Austin dan Freddie Mercury (Getty Images)

"Semua kekasih saya bertanya kepada saya mengapa mereka tidak bisa menggantikan Mary, saya jawab itu tidak mungkin," ungkap Freddie pada tahun 1985.

"Satu-satunya teman yang kudapat adalah Mary, dan aku tidak menginginkan orang lain. Bagiku, dia adalah istri. Bagiku, itu adalah pernikahan. Kami saling percaya, itu sudah cukup bagiku," tegasnya, dilansir dari Mirror, Kamis (24/10).

Freddie telah menulis banyak lagu tentang Mary, termasuk Love Of My Life. Dia bahkan menjadi ayah baptis putra sulung Mary, Richard.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar