Sisa Pesawat Perang Dunia II di Samudera Pasifik

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Sisa Pesawat Perang Dunia II di Samudera Pasifik

Sisa Pesawat Perang Dunia II (Fox News)

Jumat, 9 Maret 2018 | 13:29

Analisadaily - Selama 74 tahun, sisa pesawat Perang Dunia II milik Amerika Serikat berada di dasar Samudera Pasifik akhirnya ditemukan.

Pesawat beserta awak ditembak jatuh saat terbang melintasi Pasifik saat itu. Pesawat tepatnya ditemukan di dekat Pulau Ngerekebesang, Republik Palau.

"Kami menggunakan tegakan empat titik di atas pesawa. Pesawat itu tidak tersentuh selama sekitar 74 tahun. Sudah lama sekali saya melihat sebuah detasemen militer yang bekerja keras selama ini," kata kapten Mike Flanagan dari Amerika Serikat Salvor dilansir dari Fox News, Jumat (9/3)

Tidak hanya puing-puing pesawat yang ditemukan. Jenazah manusia juga ditemukan di badan pesawat. Namun, jenazah tidak akan dipisahkan sampai pihak terkait bdapat memverifikasi siapa mereka dan memberitahukan keluarga terdekat.

Secara khusus, tim menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk menggali daerah tersebut dengan menggunakan berbagai alat arkeologi.

Penyelam menggunakan ruang dekompresi USNS Salvor. Tim juga memanfaatkan derek 40 ton kapal, yang dapat mengangkat benda-benda besar dan berat dari dasar lautan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar