Sherpa di Everest Ingin Pecahkan Rekor

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Sherpa di Everest Ingin Pecahkan Rekor

Gunung Everest (BBC)

Minggu, 1 April 2018 | 12:44

Analisadaily - Gunung Everest merupakan gunung yang paling ingin didaki para petualang.

Gunung yang dikenal dengan sebutan 'atap dunia' ini telah mencatat banyak sejarah, termasuk jumlah pendaki paling banyak yang berhasil sampai ke puncak, yakni 21 orang.

Rekor itu kemudian ingin ditingkatkan lagi oleh seorang Sherpa bernama Kami Rita (48). Rita bersama rekan-rekannya sebanyak 29 orang memulai pendakian hari ini.

Jika Rita berhasil mendaki puncak tertinggi Everest, maka dia juga akan mendapat gelar sebagai Sherpa paling berpengalaman di dunia.

"Saya sedang membuat upaya lain untuk menciptakan sejarah dan membuat seluruh komunitas Sherpa dan negara saya bangga," kata Rita, dilansir dari BBC, Minggu (1/4).

Kami Rita (BBC)

Sherpa di Gunung Everest merupakan pendamping pendaki yang bekerja bagi perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat. Rita pertama kali mendaki Everest pada tahun 1994 dan menyelesaikan pendakian terakhirnya Mei tahun lalu.

Pendaki asing biasanya mengandalkan bantuan dari Sherpa berpengalaman seperti Rita. Mereka dibayar untuk melakukan berbagai hal seperti menyiapkan rute, memperbaiki tali dan membawa peralatan mendaki yang diperlukan.

Sejauh ini Kami Rita telah memimpin tim dengan 29 pendaki dari seluruh dunia. Kelompok itu juga dihuni pendaki gunung asal Amerika dan Jepang.

"Jika semuanya berjalan sesuai rencana, saya akan membuat pertemuan puncak terakhir pada 29 Mei," sambung Rita.

"Saya akan terus mendaki Everest. Bahkan jika saya berhasil memecahkan rekor tahun ini, saya ingin membuat sejarah," lanjutnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar