Seniman Ciptakan Mural Berbahan Sampah

Penulis: Christison Sondang Pane | Editor: Eka Azwin Lubis

Seniman Ciptakan Mural Berbahan Sampah

Seorang pengunjung sedang memotret hasil karya Artur Bordalo (Amusing Planet)

Selasa, 10 Mei 2016 | 19:19

Analisadaily - Artur Bordalo merupakan seorang seniman jalanan asal Portugal yang dikenal dunia berkat karya seninya yang terbuat dari sampah.

Bordalo berhasil mendaur ulang bahan-bahan bekas menjadi mural yang ditempelkan di sisi setiap dinding dan tampak seperti tiga dimensi.

Dia menggunakan sampah perkotaan yang dibuang seperti bemper mobil tua, ban bekas, besi tua, roda kemudi hingga cat minyak. Semua limbah tersebut tampak mengesankan setelah dibentuknya dengan berbagai model, termasuk bentuk hewan dan mobil.

Seekor burung karya Artur Bordalo (Amusing Planet)

Seekor burung karya Artur Bordalo (Amusing Planet)

Satu per satu bahan tersebut disusun menyerupai hewan yang diinginkan dan dicat sesuai aslinya. Ide pembuatan ini dilakukan untuk menggambarkan kondisi alam yang terkena dampak limbah.

"Idenya adalah menggambarkan alam itu sendiri, terutama hewan. Bahan-bahan itu merupakan salah satu yang bertanggung jawab terhadap kehancuran dan pencemaran," kata Bordalo, dilansir dari AmusingPlanet, Selasa (10/5).

Beberapa ekor ikan karya Arturo Burdalo (MNN)

Beberapa ekor ikan karya Arturo Burdalo (MNN)

Bukan hanya itu, Bordalo juga memiliki tujuan tertentu untuk mengumpulkan bahan bekas dan merancangnya dengan baik. Dia ingin membuat seluruh masyarakat sadar akan bahaya dari bahan besi yang dibuang sembarangan.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pencemaran dan kerusakan lingkungan. Kerusakan itu juga akan mempengaruhi habitat hewan yang ada di sekitar kita," jelasnya.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar