Sempat Hilang, Dua Karya Van Gogh Kembali Dipamerkan

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Reza Perdana

Sempat Hilang, Dua Karya Van Gogh Kembali Dipamerkan

View of the Sea at Scheveningen, salah satu lukisan Vincent Van Gogh yang hilang 14 tahun (Reuters)

Jumat, 24 Maret 2017 | 22:10

Analisadaily - Dua lukisan karya Vincent Van Gogh yang sempat hilang selama 14 tahun, akhirnya bisa kembali dipamerkan di Van Gogh Museum, Amsterdam, Belanda, baru-baru ini.

Dua karya itu, View of the Sea at Scheveningen (1882) dan Congregation Leave the Reformed Church in Nuenen (1884). Karya-karya tersebut berasal dari periode yang sangat penting untuk pengembangan calon para master pelukis Belanda.

“Mereka kembali. Saya tidak pernah berpikir akan bisa mengatakan kata-kata ini,” terang direktur Van Gogh Museum, Axel Rueger, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (24/3).

Lukisan-lukisan tersebut ditemukan pada September tahun lalu di sebuah villa, dekat kota Naples, Italia, yang diduga melibatkan dua gembong mafia narkoba internasional, Mario Cerrone dan Raffaele Imperiale.

Salah satu lukisan Vincent Van Gogh yang hilang 14 tahun, 'Congregation Leave the Reformed Church in Nuenen'. (Reuters)

Congregation Leave the Reformed Church in Nuenen, salah satu lukisan Vincent Van Gogh yang hilang 14 tahun (Reuters)

Kedua lukisan itu tidak mudah ditemukan, sebab keduanya dibungkus dengan seprai katun yang dimasukkan dalam kotak dan tersembunyi di balik dinding sebuah toilet.

“Anak-anak dapat kembali melihatnya dan lukisan tersebut sekarang benar-benar aman. Akan tetap di sini untuk generasi yang akan datang,” lanjut Rueger.

Dua karya lukisan maestro dunia itu menghilang pada 2002 lalu, setelah pencuri naik ke atap museum dan masuk ke dalam bangunan dan mengambilnya dalam waktu sekejap, hanya empat menit, lalu melarikan diri ke bawah menggunakan tali.

“Itu adalah sebuah keajaiban melihat lukisan tersebut tidak mengalami kerusakan yang parah pasca hilang 14 tahun lamanya,” pungkas Reuger.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar