Sembuhkan Alzheimer Lewat Cahaya dan Suara

Penulis: Christison Sondang Pane

Sembuhkan Alzheimer Lewat Cahaya dan Suara

Ilustrasi (Ubergizmo)

Senin, 18 November 2019 | 11:46

Analisadaily - Terlepas dari semua kemajuan dalam industri medis, masih ada penyakit dan penyakit tertentu yang tidak dapat disembuhkan. Salah satu penyakit itu adalah Alzheimer, yang saat ini belum ada obatnya.

Namun, penelitian yang dilakukan para ilmuwan di MIT, ditemukan hasil yang baru. Alzheimer pada dasarnya di mana komunikasi antara neuron otak terganggu, yang pada gilirannya menyebabkan hilangnya fungsi dan kematian sel.

Ini pada akhirnya memengaruhi memori dan perilaku seseorang, yang pada akhirnya juga akan menyebabkan kematian.

Di dalam otak pasien Alzheimer terdapat penumpukan plak yang mengumpulkan antara neuron yang memengaruhi cara sel berfungsi, dan para peneliti di MIT melalui penggunaan cahaya dan suara. Mereka berhasil membersihkan beberapa plak di otak tikus.

Metode ini sebenarnya didasarkan pada teknik sebelumnya, tetapi dengan beberapa modifikasi dilakukan dengan menambahkan suara.

"Ketika kami menggabungkan stimulasi visual dan pendengaran selama sepekan, kami melihat keterlibatan korteks prefrontal dan pengurangan amiloid yang sangat dramatis,” kata Li-Huei Tsai, salah satu peneliti dari Institut Picower untuk Pembelajaran dan Memori MIT.

Dilansir dari Ubergizmo, Senin (18/11), tes ini hanya dilakukan pada tikus, jadi tidak jelas apakah itu dapat bekerja pada manusia karena frekuensi gelombang otak manusia dibandingkan dengan tikus.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar