Seekor Gurita Tertangkap Kamera Saat Berganti-ganti Warna

Penulis: Christison Sondang Pane

Seekor Gurita Tertangkap Kamera Saat Berganti-ganti Warna

Gurita yang diberi nama Heidi berubah menjadi warna kuning (People/PBS)

Rabu, 9 Oktober 2019 | 19:16

Analisadaily - Sebuah video yang menakjubkan datang dari seekor gurita, yang dipelihara ilmuwan, dan membuat komunitas ilmiah bertanya-tanya. Apakah dia bermimpi?

Video tersebut menampilkan gurita bernama Heidi, yang tertangkap kamera di aquarium di ruang tamu seorang peneliti Alaska Pacific University, David Scheel. Ini dilakukan untuk seri-dokumenter PBS Nature.

Dalam klip itu, Heidi terjebak ke sisi kaca tangki, tertidur. Tetapi apa yang terjadi selama tidurnya. Heidi mulai mengubah warna dan tekstur, sama seperti yang dia lakukan jika dia bereaksi terhadap rangsangan saat dia bangun.

Dilansir dari People, Rabu (9/10), Scheel mengatakan, dia belum pernah melihat respons seperti itu yang dicatat sebelumnya.

"Jika dia bermimpi, ini adalah momen yang dramatis," kata Scheel ketika Heidi berubah warna dari kekuningan menjadi putih.

Scheel menyampaikan, menonton perubahan tubuh Heidi dapat membantu memunculkan narasi mimpinya, jika dia sebenarnya sedang bermimpi.

 “Jadi di sini, dia tertidur. Dia melihat kepiting dan warnanya mulai sedikit berubah. Lalu dia menjadi gelap semua. Heidi mengubah warna ungu gelap yang dramatis, dan kemudian tiba-tiba kembali menjadi putih. Gurita akan melakukan itu ketika mereka meninggalkan bagian bawah,” ujar Scheel.

Tak lama setelah itu, Heidi mulai menampilkan kamuflase, yang menurut Scheel tampak seolah-olah dia baru saja menaklukkan kepiting dan sekarang dia akan duduk di sana dan memakannya, dan dia tidak ingin ada yang memperhatikannya.

"Ini adalah perilaku yang sangat tidak biasa, untuk melihat warna datang dan pergi di kulitnya seperti itu. Maksudku hanya untuk bisa melihat semua pola warna yang berbeda, hanya berkedip satu demi satu. Anda biasanya tidak melihat itu ketika seekor hewan sedang tidur, yang benar-benar menarik,” ujarnya.

Gurita adalah beberapa hewan terpintar di planet ini, tetapi beberapa peneliti ragu-ragu untuk mengkonfirmasi, bahwa mereka bermimpi saat tidur, dan mengatakan lebih banyak data perlu dikumpulkan.

"Anda punya beberapa bukti di depan Anda, tetapi Anda perlu tahu lebih banyak untuk memahami lebih baik apa yang menyebabkan perilaku itu," kata Psikolog University of Cambridge Nicola Clayton kepada New York Times.

Namun, jika Heidi sedang tidur, sahabatnya Scheel suka berpikir tentang menangkap dan mengemil kepiting itu. “Jika dia bermimpi, itu mimpi," katanya dalam video sambil tertawa.

Berikut ini video Heidi saat berganti-ganti warna:

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar