Sebuah Kapal Buang Limbah Nuklir di Australia

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Sebuah Kapal Buang Limbah Nuklir di Australia

Kapal pembuang limbah nuklir (BBC)

Jumat, 16 Oktober 2015 | 20:23

Analisadaily - Sebuah kapal yang mengangkut limbah nuklir membuang muatannya di laut Australia. 25 ton limbah nuklir tersebut berasal dari pabrik pengolahan Areva di Beaumont-Hague dekat pelabuhan Cherbourg, Perancis.

Kapal tersebut berlayar sejak hari Kamis (15/10) dari pelabuhan Perancis meski telah ada peringatan dari pemerhati lingkungan. Greenpeace dan aktivis lingkungan Perancis sudah sempat meminta perusahaan nuklir Areva menghentikan tindakan mereka.

Pihak pemerintah Perancis sendiri menjelaskan, tidak ada sesuatu yang bisa mencegah kapal tersebut membuang limbah nuklir di sana. Menurut laporan BBC, sebelumnya perusahaan bahkan telah menggunakan kapal sampah untuk mengangkut limbah.

“Mereka menggunakan kapal sampah untuk membawa limbah tanpa pemeriksaan yang serius,” kata aktivis lingkungan Robin des Bois, Nathalie Geismar.

Australian Nuclear Science and Technology Organisation (Ansto) telah melakukan inspeksi penuh terhadap kapal tersebut. Inspeksi dilakukan oleh kedua otoritas keselamatan maritim Perancis dan regulator Perancis bidang keselamatan nuklir pada 14 Oktober lalu.

"Kapal dikonfirmasi legal dan bersertifikat," tulis mereka.

Limbah berasal dari bahan bakar nuklir yang dikirim dari Australia ke Perancis untuk pengolahan kembali pada 1990-an hingga awal 2000-an. Sesuai hukum yang ada, kapal dapat beroperasi hingga akhir 2015 mendatang.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar