Salah Satu Piramida Terbesar di Dunia Ada di Meksiko

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Reza Perdana

Salah Satu Piramida Terbesar di Dunia Ada di Meksiko

Piramida Agung Cholula (Berbagai Sumber)

Selasa, 30 Agustus 2016 | 13:34

Analisadaily - Sejauh ini kita mengetahui bahwa bagunan kuno seperti piramida identik dengan Mesir. Piramida-piramida di Mesir dikenal sebagai piramida terbesar yang ada di dunia.

Namun ternyata, bangunan tua seperti piramida di Mesir juga ada di negara-negara di dunia lainnya, salah satunya ada di Meksiko, yang mana piramida yang paling terkenal bernama Chichen Itza. Piramida itu merupakan peninggalan bangsa Maya kuno yang telah menjadi situs warisan dunia UNESCO.

Akan tetapi, ternyata salah satu piramida terbesar yang ada di dunia bukan hanya ada di Mesir, melainkan juga ada di Meksiko, yaitu Piramida Agung Cholula atau yang sering disebut Tlachihualtepetl.

Piramida itu terletak di Cholula de Rivadabia, Puebla, Meksiko. Dari kejauhan, piramida hanya terlihat seperti bukit dengan berdirinya sebuah gereja di puncaknya. Namun siapa yang sangka bahwa itu merupakan sebuah piramida, dan salah satu piramida terbesar yang ada di dunia selain Piramida Agung Giza di Mesir.

Piramida memiliki lebar 450x450 meter dan tinggi 66 meter. Baru sedikit sumber yang diketahui perihal sejarah awal dari piramida. Namun diperkirakan, piramida dibangun pada tahun 300 sebelum masehi. Bahkan mitos menyebut piramida dibangun oleh raksasa.

“(Piramida) ini tampaknya telah dihuni multi-etnis, dengan banyak migrasi. Kemungkinan besar, penduduknya yang dikenal sebagai Choluteca adalah campuran kosmopolitan,” kata seorang arkeolog dari Universitas Boston, AS, David Carballo.

“Sepertinya piramida itu tidak dihuni lagi atau ditinggalkan sekitar abad ketujuh atau kedelapan Masehi,” lanjut Carballo, seperti dilansir dari BBC, Selasa (30/8).

Diperkirakan piramida pertama kali ditemukan pada abad ke-16, dan pengeksplorasian lebih dalam situs itu telah dilakukan sejak awal abad ke-20 lalu.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar