Runtuhnya Lapisan Es Antartika Kuno Bisa Sebabkan Banjir

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Runtuhnya Lapisan Es Antartika Kuno Bisa Sebabkan Banjir

Antartika (Fox News)

Kamis, 3 Januari 2019 | 11:54

Analisadaily - Ketika perubahan iklim terus meningkat, penelitian baru yang dilakukan para ahli geologi menyatakan, Lapisan Es Antartika Barat (WAIS) dapat mencair dan menyebabkan banjir besar-besaran.

Penelitian yang dipresentasikan di American Geophysical Union awal bulan ini, menyoroti kekhawatiran dan risiko yang terjadi jika lapisan es antartika kuno, yang terbentuk 125.000 tahun lalu terus mencair karena perubahan iklim.

"Lapisan es menghubungkan hilangnya gletser di Pulau Pinus dan runtuhnya WAIS ke lapisan es di pegunungan," kata salah satu peneliti.

"Catatan kami memberikan indikasi langsung pertama dari LIG WAIS yang jauh lebih kecil, memberikan konteks paleo untuk kerentanan WAIS runtuh," tambahnya, seperti dilansir dari Fox News, Kamis (2/1).

Paleoklimatolog Boston College, Jeremy Shakun mengatakan, tidak membutuhkan waktu lama untuk lapisan es runtuh jika perubahan iklim terus meningkat. Sejauh ini, mencairnya antartika menyebabkan permukaan laut naik sebanyak 8 kaki per abad.

"Pemanasan global bisa membuat kehancuran Antartika Barat dengan sangat cepat dan massa es Antartika Barat dapat benar-benar hilang dalam 1.000 tahun ke depan," kata Johannes Sutter, peneliti utama.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar