Rihanna Mendukung Demonstran Sudan

Penulis: Christison Sondang Pane

Rihanna Mendukung Demonstran Sudan

Pelantun ‘Umbrella’, Rihanna (Aceshowbiz)

Selasa, 2 Juli 2019 | 11:37

Analisadaily - Rihanna mendukung demonstran Sudan yang menyerukan diakhirinya pemerintahan militer di negara Afrika timur itu.

Sudan dalam kekacauan sejak perwira militer menggulingkan Presiden Omar al-Bashir pada bulan April, setelah pemberontakan memicu berakhirnya kekuasaannya yang hampir tiga dasawarsa.

Sepanjang bulan lalu, para aktivis melakukan protes yang menuntut transisi ke pemerintahan sipil yang demokratis. Melihat keadaan itu, Rihanna memberi mereka dukungannya pada hari Minggu, 30 Juni melalui media sosial.

"Dengan lebih banyak protes yang direncanakan hari ini, 30 Juni, saya mengirim emoji hati saya dan saya berdoa untuk keselamatan rakyat Sudan. Mereka memiliki hak untuk berbicara dan menuntut perdamaian, keadilan, dan transisi ke pemerintahan sipil," tulis pelantun ‘Umbrella’ di Instagram.

Dalam aksi itu, tujuh orang tewas dan lebih dari 180 lainnya luka-luka setelah tindakan keras pada protes hari Minggu, menurut media pemerintah Sudan, korban terbesar sejak sejumlah besar demonstran tewas pada 3 Juni.

Menuntut para pemimpin militer Sudan diadili, bintang pop Bajan itu menambahkan. “Lebih dari 100 tewas dan ratusan lainnya terluka dalam protes tanggal 3 Juni. Penguasa militer perlu dimintai pertanggungjawaban. Berdoa agar tidak ada lagi korban atau pelecehan hari ini," tambahnya.

Dia sebelumnya berusaha meningkatkan kesadaran akan masalah di Sudan awal bulan lalu, dengan memberi tahu pengikutnya tentang perlakuan mengerikan yang diduga dihadapi oleh para aktivis oposisi, termasuk pemerkosaan, dan dipaksa minum air limbah.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar