Rencana Elon Musk Kirim 1 Juta Orang ke Mars

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Rencana Elon Musk Kirim 1 Juta Orang ke Mars

Elon Musk (Fox News)

Minggu, 18 Juni 2017 | 12:57

Analisadaily - Elon Musk kembali menyusun rencana perjalanan ke Planet Mars. Pendiri sekaligus CEO SpaceX itu menjelaskan rencananya tersebut dalam sebuah konferensi di Meksiko.

"Menurut pandangan saya, penerbitan makalah ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi komunitas luar angkasa untuk membaca visi SpaceX yang dicetak bersama semua grafik dalam konteks, namun juga berfungsi sebagai referensi arsip yang berharga untuk penelitian dan perencanaan di masa depan," kata editor New Space, Scott Hubbard, dilansir dari Fox News, Minggu (18/6).

Visi Elon Musk berpusat pada combo roket dan pesawat ulang-alik bernama Interplanetary Transport System (ITS). Baik pendorong dan pesawat ruang angkasa tersebut didukung oleh mesin Raptor SpaceX yang masih dalam pengembangan.

Mesin pesawat tersebut tiga kali lebih kuat daripada mesin Merlin yang memperkuat roket Falcon 9. Dibekali 42 Raptors, pesawat itu diyakini menjadi roket paling kuat sepanjang sejarah.

ITS mampu meluncurkan 300 metrik ton (330 ton) ke Low Earth Orbit (LEO). Roket langsung diluncurkan ke ruang angkasa, lalu turun lagi untuk mendarat sekitar 20 menit kemudian.

"Dengan penambahan pendorong manuver, kami bisa mengarahkan pendorongnya kembali ke tempat peluncuran. Pendorong ITS akan meluncurkan banyak kapal selam dan tanker bahan bakar untuk mengorbit sepanjang operasional," kata asisten Elon Musk.

Pesawat itu dirancang agar mampu meluncur hingga 1.000 kali. Satu kali luncuran akan membawa 100 orang. Artinya, ITS mampu membawa 1 juta orang ke Mars dalam 50 sampai 100 tahun ke depan. ITS adalah kunci untuk membuat kolonisasi Mars yang baru.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar