Populasi Kupu-kupu di California Menurun 86 Persen

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

Populasi Kupu-kupu di California Menurun 86 Persen

 Kupu-Kupu (Fox News)

Rabu, 9 Januari 2019 | 11:51

Analisadaily - Para peneliti bersama kelompok lingkungan Xerces Society meneliti daerah pantai California setiap tahun untuk menghitung jumlah kupu-kupu. Data menunjukkan, ada penurunan jumlah yang signifikan terhadap Ordo Lepidoptera tersebut.

Penurunannya mencapai 86 persen dibanding tahun 2017. Pada tahun itu, terdapat 148.000 ekor. Sedangkan tahun 2018 hanya 20.456 ekor.

Sebagai perbandingan, pada tahun 1981 terdapat lebih dari 1 juta kupu-kupu di wilayah yang sama selama musim dingin di California, San Francisco.

“Besarnya penurunan tahun ini menjadi perhatian penting karena populasi kupu-kupu sudah berada pada titik terendah, setelah penurunan 97 persen sejak 1980-an,” kata Xerces Society dilansir dari Fox News, Rabu (9/1).

Pada saat ini, para peneliti tidak yakin apa yang menyebabkan penurunan drastic. Mereka menduga itu terjadi antara akhir musim dingin dan awal musim semi. Belum ada bukti substansial mengenai migrasi kupu-kupu.

Dampak jangka panjang, kupu-kupu terancam oleh pestisida, herbisida, dan perusakan di sepanjang rute migrasi. Perubahan iklim juga diklaim bisa menjadi faktor.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar