Pluto Terbentuk dari Satu Miliar Komet

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Pluto Terbentuk dari Satu Miliar Komet

Pluto (Fox News)

Sabtu, 26 Mei 2018 | 13:30

Analisadaily - Para peneliti telah menemukan sebuah teori baru tentang asal usul planet terkecil yang pernah kita kenal, Pluto. Setelah melihat lebih dekat pada Sputnik Planitia, gletser es-nitrogen besar yang merupakan ‘jantung’ Pluto, peneliti mempercayai planet ini terbentuk dari satu miliar komet.

"Kami menemukan konsistensi yang menarik antara perkiraan jumlah nitrogen di dalam gletser, dan jumlah yang akan diperkirakan jika Pluto dibentuk oleh aglomerasi sekitar satu miliar komet atau objek Kuiper Belt lainnya, yang mirip dalam komposisi kimia hingga 67P," kata Chris Glein, seorang ilmuwan di Southwest Research Institute (SWRI) San Antonio.

Badan Antariksa Eropa mengorbit Comet 67P/Churyumov-Gerasimenko dari 2014 hingga 2016. Glein dan rekannya dari SWRI, Hunter Waite, menyusun skenario pembentukan Pluto baru setelah menganalisis data dari misi New Horizons Rosetta dan NASA.

Dilansir dari Fox News, Sabtu (26/5), para ilmuwan juga membuat beberapa kesimpulan tentang evolusi Planet Pluto dalam peneltian baru.

"Penelitian kami menunjukkan, susunan kimia awal Pluto, yang diwarisi dari blok bangunan komet, dimodifikasi secara kimia oleh air cair, bahkan hingga berada di bawah permukaan laut. Penelitian ini membangun keberhasilan fantastis New Horizons dan misi Rosetta untuk memperluas pemahaman kita tentang asal-usul dan evolusi Pluto," lanjut Glein.

"Menggunakan kimia sebagai alat detektif, kami dapat melacak fitur-fitur tertentu yang kita lihat di Pluto hari ini untuk proses pembentukan dari masa lalu. Ini mengarah pada apresiasi baru terhadap kekayaan kisah terbentuknya Pluto."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar