Planet Monster Ditemukan

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Planet Monster Ditemukan

Planet Monster (Fox News)

Jumat, 3 November 2017 | 13:29

Analisadaily - Para astronom menemukan planet seukuran Jupiter yang mengorbit bintang lebih kecil dari Matahari. Disebut NGTS-1b atau Planet Monster. Planet terdiri gas berkapasitas besar 986 derajat yang berputar mengelilingi bintang M-dwarf merah 600 tahun cahaya dari Bumi.

Disebut Planet Monster, karena menjadi planet paling besar yang pernah ditemukan sejauh ini. Penemuan ini bertentangan dengan teori bintang yang begitu kecil bisa membentuk planet yang begitu besar.

Ilmuwan sebelumnya berteori, bintang kecil bisa membentuk planet berbatu. Bintang M-dwarf merah adalah tipe yang paling umum di alam semesta. Dilansir dari Fox News, Jumat (3/11), NGTS-1b ditemukan oleh sebuah kolaborasi peneliti internasional yang menggunakan fasilitas Next-Generation Transit Survey (NGTS) di Chile.

Jaraknya sekitar 2,8 juta mil dari bintang M-dwarf merah ATAU hanya 3 persen dari jarak antara Bumi dan matahari. Satu tahun di NGTS-1b sama dengan 2,6 hari berada di Bumi.

"Penemuan NGTS-1b benar-benar mengejutkan. Planet-planet besar seperti itu diperkirakan tidak ada di sekitar bintang kecil," kata penulis utama penelitian, Dr. Daniel Bayliss dari Universitas Astronomi dan Astrofisika Universitas Warwick.

"Ini adalah planet ekstrasurya pertama yang kami temukan dengan fasilitas NGTS," tambahnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar