Pisang di Ambang Kepunahan

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Pisang di Ambang Kepunahan

Pisang (Fox News)

Minggu, 8 Juli 2018 | 12:45

Analisadaily - Para ilmuwan mengklaim, pisang kini sudah berada di ambang kepunahan. Sebab itu, para ilmuwan berlomba menyelamatkan pisang dari penyakit Panama yang mengancamnya di seluruh dunia.

Penyakit Panama merupakan sejenis infeksi jamur yang menyerang tanah dan saat ini menyebar ke seluruh Afrika dan Asia. Inilah alasan mengapa pisang sedang di ambang kepunahan.

Satu-satunya harapan tinggal hutan Madagaskar. Di sana menjadi tempat tinggal pisang liar yang bisa menyelamatkan spesies.

Pisang Madagascar merupakan buah yang tidak dapat dimakan dengan biji besar di tengahnya. Entah mengapa jenis pisang ini kebal terhadap penyakit tanaman yang mematikan.

"Pisang di Madagaskar kebal terhadap penyakit Panama," kata Richard Allen, petugas konservasi senior di Kew Royal Botanic Gardens, Inggris, dilansir dari Fox News, Minggu (8/7).

"Kami tidak tahu sampai kami benar-benar melakukan penelitian pada pisang itu sendiri," lanjutnya.

Sementara Hélène Ralimanana, manajer tim di Pusat Konservasi Kew Madagascar, sedang mencari tahu apa yang membuat pisang tersebut bisa melindungi dirinya dari penyakit Panama.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar