Penyakit dan Pestisida Ancam Keberadaan Lebah Asli AS

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Penyakit dan Pestisida Ancam Keberadaan Lebah Asli AS

Lebah (Fox News)

Jumat, 24 Maret 2017 | 13:28

Analisadaily - Lebah asli Amerika Serikat disebutkan sudah masuk ke status terancam punah. Fish and Wildlife Service mengatakan, ada banyak alasan. Namun, alasan utama kepunahan adalah penyakit dan pestisida.

"Penyakit dan pestisida adalah dua ancaman terbesar bagi keberadaan lebah. Insektisida beracun sangat berhaya dalam kurun waktu yang lama. Ini menimbulkan ancaman bagi keberadaan lebah terus menerus,” kata salah satu staff Fish and Wildlife Service, Jepson.

Koloni lebah telah menurun setidaknya 87 persen sejak tahun 1990-an. Lebah biasanya berada di 31 negara bagian di seluruh AS timur dan Midwest. Mereka juga berkembang di bagian selatan Kanada.

Sekarang, lebah hanya menempati 13 negara, termasuk Illinois, Indiana, Iowa, Maine, Maryland, Massachusetts, Minnesota, North Carolina, Ohio, Pennsylvania, Tennessee, Virginia dan Wisconsin, serta satu provinsi di Kanada.

Eric Lee-Mader, wakil direktur Xerces Society for Invertebrate Conservation mengatakan, populasi lebah yang berkurang bisa berdampak besar pada buah-buahan dan sayuran yang dihasilkan petani di wilayah Amerika Serikat.

"Lebah adalah salah satu kelompok hewan yang paling luas jangkauannya untuk menyebarkan serbuk. Mereka berkontribusi pada penyerbukan tanaman pangan seperti labu, melon, blueberry, cranberry, semanggi, tomat, merica, serta berbagai bunga liar," kata Lee-Mader.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar