Peneliti Uji Gravitasi Untuk Mengetahui Fakta Alam Semesta

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Peneliti Uji Gravitasi Untuk Mengetahui Fakta Alam Semesta

Teori Relativitas (Fox News)

Selasa, 4 Desember 2018 | 12:01

Analisadaily - Gravitasi itu besar, aneh dan sulit dipelajari. Bergerak melalui ruang sebagai gelombang, sebagaimana cahaya. Namun gelombang ini halus dan sulit dideteksi. Mereka terjadi dalam jumlah yang terukur hanya setelah peristiwa besar terjadi, seperti tabrakan lubang hitam.

Gelombang gravitasi terakhir terjadi tahun 2015. Kemudian, pada tahun 2017, para astronom untuk pertama kalinya mendeteksi baik gelombang gravitasi dan cahaya dari tabrakan bintang neutron.

Sekarang, para peneliti menggunakan data dari peristiwa itu untuk mengkonfirmasi beberapa fakta dasar tentang alam semesta. Para peneliti mengklaim, mereka tidak menemukan bukti kebocoran gravitasi. Para ilmuwan berpikir gravitasi bisa menembus dimensi, meskipun cahaya tidak.

Jika itu terjadi, gaya gravitasi akan kehilangan lebih banyak energi daripada cahaya ketika melewati ruang angkasa. Dilansir dari BBC, Selasa (4/12), peneliti juga setuju dengan pemikiran Albert Einstein dalam teorinya tentang relativitas umum tentang gravitasi tetap berada di tempatnya.

Para peneliti dalam studi baru juga menganalisis gelombang gravitasi untuk melihat apakah graviton - partikel teoretis yang membawa gravitasi memiliki massa, seperti partikel lain.

Jika gelombang ini memiliki massa, mereka akan menunjukkan tanda-tanda momentum, tidak seperti partikel cahaya, yang tidak bermassa. Secara keseluruhan, para peneliti menemukan, teori gravitasi Einstein pada dasarnya memang benar.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar