Peneliti Menyebut, Asteroid Bisa Kirim Air ke Bumi

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Peneliti Menyebut, Asteroid Bisa Kirim Air ke Bumi

Asteroid (Fox News)

Minggu, 29 April 2018 | 14:24

Analisadaily - Sebuah eksperimen tentang asteroid mengungkapkan bagaimana benda luar angkasa tersebut bisa mengirimkan air ke Bumi.

Selama percobaan yang dilakukan di Vertical Gun Range di NASA Ames Research Center di California, para ilmuwan menembakkan proyektil berukuran marmer dengan kecepatan 11.200 mph (18.000 km / jam).

Proyektil memiliki komposisi yang mirip dengan chondrites karbon, sekelompok meteorit yang berasal dari asteroid kuno yang kaya air.

Pada tahap awal evolusi Bumi, asteroid ini sering menghantam planet pada kecepatan yang sangat tinggi. Peneliti menjelaskan, hingga 30 persen air dari asteroid bisa terperangkap di Bumi.

"Asal usul dan sumber air dari volatil adalah salah satu pertanyaan besar dalam ilmu planet," kata Terik Daly, peneliti postdoctoral di Universitas Johns Hopkins dilansir dari Fox News, Minggu (29/4).

"Eksperimen ini mengungkapkan mekanisme dimana asteroid dapat mengantarkan air ke bulan, planet dan asteroid lainnya," lanjutnya.

Astronom awalnya mengira, air Bumi sebagian besar berasal dari komet. Penelitian terbaru menetapkan asteroid sebagai sistem pengiriman utama air.

Air yang ditemukan di Bumi memiliki komposisi isotop yang sama dari varian unsur kimia seperti air yang terkandung dalam asteroid karbon.

Ketika para peneliti menembakkan meteorit mini ke Bumi, mereka mengamati proporsi air yang signifikan dari proyektil terperangkap di batu.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar