Penampakan Buaya Hebohkan Pengunjung Taman Pasir Ris

Penulis: Reza Perdana

Penampakan Buaya Hebohkan Pengunjung Taman Pasir Ris

Seekor buaya terlihat di Taman Pasir Ris (The Straits Times)

Rabu, 9 Agustus 2017 | 12:28

Analisadaily - Seekor buaya terlihat di perairan merupakan pemandangan yang biasa bagi pengunjung di Sungei Buloh Wetland Reserve, di Singapura barat laut.

Baru-baru ini, hewan jenis reptil tersebut terlihat berjemur di bawah sinar matahari di bagian lain pulau ini juga, seperti dilansir dari The Straits Times, Rabu (9/8).

Pensiunan insinyur dan fotografer, Ted Lee, 60, melihat seekor buaya sepanjang kira-kira 2 meter di atas lumpur Sungei Tampines di Taman Pasir Ris sekitar pukul 4 sore.

"Ini adalah pertama kalinya saya melihat seekor buaya di Taman Pasir Ris, saya hanya tahu ada buaya di Sungei Buloh, tapi tidak di sini. Ketika saya melihatnya, berjemur di antara burung bangau. Ada yang mengambil foto dan membuat banyak suara," kata Lee kepada The Straits Times.

Cagar Alam Sungei Buloh dipisahkan dari daerah-daerah seperti Taman Pasir Ris oleh Causeway, yang menghalangi aliran air. Namun, buaya muara dikenal berenang bebas di Selat Johor, sebut Chia Seng Jiang, direktur kelompok NParks untuk taman.

Ada penampakan buaya lain pada 5 Agustus di perairan lepas pantai kawasan taman, tambahnya. Bulan lalu, video buaya yang berenang di perairan Sembawang pun beredar secara online.

Buaya muara biasanya makan dan beristirahat di hutan mangrove dan air tawar. Hewan-hewan tersebut menghadapi ancaman karena penghancuran habitat mereka dan perburuan terlalu banyak untuk tempat persembunyian.

Mr Chia meyakinkan pengunjung, hewan tersebut biasanya ditemukan di air atau di sembarang lumpur yang berada jauh dari rute pengunjung. Namun, NParks memantau penampakan dan akan mengambil langkah untuk memindahkan buaya ke tempat lain.

Tanda peringatan dan pemberitahuan juga dipasang di taman dekat tepi air. Pengunjung yang menemukan seekor buaya harus tetap tenang dan mundur perlahan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar