Pemimpin Dunia Diminta Promosikan Kesetaraan Gender

Penulis: Christison Sondang Pane

Pemimpin Dunia Diminta Promosikan Kesetaraan Gender

Para perempuan di California melakukan unjuk rasa memperingari Hari Perempuan Internasional (The Guardian)

Minggu, 10 Maret 2019 | 11:57

Analisadaily – Selebriti-selebriti terkenal di dunia, seperti Emma Watson, Keira Knightley dan Emma Thompson menyerukan kepada para pemimpin dunia agar berbuat lebih banyak untuk mempromosikan kesetaraan gender.

Tuntutan ini disampaikan pada peringatan Hari Perempuan Internasional, Jumat (8/3), bersama dengan tokoh perempuan, di antaranya Andrea Riseborough, Carey Mulligan, Ruth Negga, Sienna Miller, serta penyanyi ternama Dua Lipa Annie Lennox, Paloma Faith dan banyak lagi.

Pernyataan mereka yang diterbitkan The Guardian, meminta politisi di seluruh dunia memenuhi komitmen untuk meningkatkan kesetaraan gender dan berkonsultasi dengan perempuan tentang cara menghentikan kekerasan, pelecehan dan marginalisasi serta isu-isu feminis.

“Pada Hari Perempuan Internasional 2019, adalah fakta yang mencengangkan di negara mana pun di dunia tidak ada perempuan yang menikmati hak atau peluang yang sama dengan laki-laki. Setiap hari, perempuan dan anak perempuan menghadapi diskriminasi, kemiskinan, dan kekerasan hanya karena mereka perempuan,” isi surat mereka.

Setelah menyoroti statistik yang berkaitan dengan kurangnya keterwakilan perempuan dalam politik, upah yang tidak setara, dan bagaimana satu dari tiga perempuan mengalami kekerasan dalam hidupnya, penandatanganan surat ini juga menuntut supaya dunia lebih setara.

Berikut ini isi suratnya:

“Pemerintah di seluruh dunia harus berbuat lebih banyak untuk melindungi perempuan yang membela hak-hak mereka. Kami meminta agar mengakui dan memercayai keahlian organisasi-organisasi hak asasi perempuan dan gerakan-gerakan perempuan, khususnya yang mewakili perempuan yang terpinggirkan, untuk melawan pembungkaman aktivis hak-hak perempuan, dan untuk memenuhi komitmen melindungi pembela hak asasi perempuan dengan membawa mereka ke pengadilan yang melakukan kekerasan, dan memperkuat hukum sesuai dengan kerangka kerja HAM Internasional.”

Dikutip dari Aceshowbiz, Minggu (10/3), Hari Perempuan Internasional dirayakan di seluruh dunia. Surat tersebut salah satu dari beberapa inisiatif yang dirancang untuk membuat orang berbicara tentang perjuangan untuk kesetaraan perempuan.

Aktris lain yang turut dalam aksi tandatangan surat itu, termasuk model/aktivis Adwoa Aboah, pendiri MOBO Award, Kanya King dan aktor lain, seperti Gillian Anderson, Hayley Atwell, Rebecca Hall dan Felicity Jones.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar