Pemerintah Diminta Selidiki Kelalaian Peringatan Gunung Berapi Guatemala

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Pemerintah Diminta Selidiki Kelalaian Peringatan Gunung Berapi Guatemala

Gunung berapi Guatemala (BBC)

Kamis, 7 Juni 2018 | 11:35

Analisadaily - Seorang tokoh oposisi senior, Mario Taracena mengatakan, pemerintah harus menyelidiki apakah ada kelalaian atas bencana gunung berapi Guatemala yang terjadi minggu lalu.

Tidak adanya peringatan dini meletusnya gunung merapi dianggap menjadi kelalaian serius. Sebab, setidaknya sudah 99 orang menjadi korban akibat kelalaian tersebut, dan masih banyak lainnya belum ditemukan.

Dilansir dari BBC, Kamis (7/6), tanggapan dari para ahli vulkanologi mengatakan, mereka telah memberikan peringatan kepada para pejabat untuk mengevakuasi daerah di sekitar gunung berapi Fuego, karena sudah diketahui meningkatnya aktivitas seismik dan aliran materi vulkanik.

Sayangnya, peringatan para ahli tidak cukup tepat untuk memicu evakuasi massal. Pencarian terus berlanjut, tetapi ada kekhawatiran hujan lebat dapat menyebabkan tanah longsor dari lumpur vulkanik. Sementara ini, gunung api terus memuntahkan abu dan batu.

"Aktivitas ini terus berlanjut dan kemungkinan aliran piroklastik dalam beberapa jam atau hari berikutnya tidak dapat dikesampingkan. Jadi, disarankan untuk tidak mendekati daerah yang terkena dampak," kata ahli vulkanologi setempat.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar