Pembuat Film Dokumentasi Alam Bantu Selamatkan Satwa

Penulis: Kiki Safitri | Editor: James P Pardede

Pembuat Film Dokumentasi Alam Bantu Selamatkan Satwa

Ilustrasi (Dailymail)

Senin, 28 September 2015 | 13:17

Analisadaily - Para pembuat film BBC mengakui bahwa tidak jarang mereka menyelamatkan satwa dan mengembalikan mereka pada populasinya saat mereka sedang melakukan syuting beberapa adegan untuk film dokumenter alam.Para ahli bekerja pada Springwatch dan Autumnwatch mengatakan mereka terus-menerus tersiksa dengan melihat hewan berada di situasi yang bukan habitatnya dan sering memutuskan untuk melakukannya jika tidak mengganggu jalur alam.

Doug Allan, kameramen favorit David Attenborough, mengatakan ia pernah menyelamatkan seekor bayi penguin dengan mengeeluarkan penguin dari lubang es meleleh dan meletakkan kakinya kembali. Allan, yang berada di belakang beberapa adegan kutub yang paling terkenal, mengaku cenderung melakukan hal dokumentasi tersebut kepada beberapa hewan, asalkan tidak mengganggu keseimbangan alam.

''Bagi saya, setidaknya, pekerjaan saya ini adalah untuk melihat dan tidak mengganggu. Jika saya merasa kehadiran saya memiringkan keseimbangan predator atau pemangsa, maka saya sudah melakukan sesuatu yang salah." kata Allan seperti dilansir DailyMail, Senin (28/9).

Steve Leonard, seorang dokter hewan televisi, juga mengatakan kepada penonton bahwa dengan membiarkan alam bergejolak adalah salah satu hal yang paling sulit untuk dihadapi.

"Kita harus mengakui bahwa hewan-hewan yang terluka adalah santapan bagi manusia, aku takut," kata Steve. 

Produser Martin Hughes, juga mengatakan bahwa dirinya pernah mengalami keributan dengan timnya setelah salah satu timnya mengganggu sarang burung.

"Kami menghormati alam. Tapi sangat sulit untuk tidak ikut campur. Kami mungkin menghabiskan lebih banyak waktu memperdebatkan apa yang kami lihat.'' Kata Martin Hughes, produser film documenter alam.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar