Pembuat Biola Secara Otodidak Peroleh Penghargaan Internasional

Penulis: Christison Sondang Pane

Pembuat Biola Secara Otodidak Peroleh Penghargaan Internasional

Svetozar Bogdanovski sedang mengerjakan pembuatan biola (Video Reuters)

Rabu, 6 November 2019 | 11:59

Analisadaily - Svetozar Bogdanovski, membangun biola pertamanya 35 tahun yang lalu untuk putranya, Kostadin, yang saat itu berusia tujuh tahun, yang telah menyatakan minatnya untuk mengambil pelajaran.

Sekarang biola Bogdanovski dihargai 60.000 euro ($ 67.000) atau setara Rp 930 juta dan dijual di seluruh dunia. Sementara Kostadin adalah pemain biola yang diakui secara internasional. Adik perempuannya, Frosina, juga seorang pemain biola profesional.

“Saya harus menciptakan kondisi pada Kostadin untuk berkembang. Kondisi pertama adalah memiliki instrumen yang baik, yang saya tidak mampu, ”kata Bogdanovski kepada Reuters.

Bogdanovski, seorang penduduk Veles, sebuah kota di Makedonia Utara sekitar 50 km (30 mil) selatan ibukota Skopje, akhirnya menyerahkan pekerjaannya sebagai seorang seniman untuk mengabdikan diri sepenuhnya untuk membuat biola.

Istrinya, Marija, seorang profesor biola dan sesama seniman Tatjana Miseva juga bergabung dengannya dalam bisnis baru, yang sekarang telah membangun lebih dari 700 alat, beberapa di antaranya salinan alat yang dibuat master terkenal Italia seperti Guarnerius.

Bogdanovski menggunakan kayu maple untuk bagian bawah biolanya dan kayu cemara untuk bagian atas, semua secara eksklusif dari hutan Bosnia kuno. Kayu itu pertama-tama dikeringkan, kemudian direndam dalam air asin selama beberapa tahun sebelum pembangunan instrumen dimulai.

“Setiap biola memiliki sesuatu yang spesifik dan unik. Itu sebabnya tidak ada dua yang sama, meskipun masing-masing instrumen terlihat seperti sama. Mereka berbeda satu sama lain seperti halnya manusia,” kata Bogdanovski.

Di antara hadiah internasional yang telah dia kumpulkan, Bogdanovski sangat bangga dengan penghargaan salah satu instrumennya yang menang di Italia melawan kompetitor dari pengrajin yang diturunkan dari master biola Cremona.

Dia juga dua kali memenangkan penghargaan tahunan bergengsi dari Masyarakat Biola Amerika, pada 2008 dan 2012. Amerika Rachel Barton, Robert Lakatos dari Serbia dan Jonian-Ilia Kadesa dari Yunani adalah beberapa pemain biola terkemuka yang menggunakan instrumennya.

Proses pengerjaan biola (Video Reuters)

Proses pengerjaan biola (Video Reuters)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar