Pemakaman Winnie Mandela Dipadati Ribuan Partisipan

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Pemakaman Winnie Mandela Dipadati Ribuan Partisipan

Winnie Mandela semasa hidup (BBC)

Minggu, 15 April 2018 | 13:17

Analisadaily - Ribuan partisipan memadati Afrika Selatan, tepatnya di Soweto, dekat Johannesburg, untuk menghadiri pemakaman pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) di Afrika Selatan, Winnie Madikizela-Mandela.

Petinya dibungkus bendera nasional, dan Presiden Afrika Selatan, Cyril Ramaphosa, menyampaikan pidato berkesan. Winnie yang juga mantan istri Nelson Mandela meninggal di usia 81 tahun.

Pada saat pemakaman, terlihat hadir putrinya Madikizela-Mandela, Zenani Mandela-Dlamini. Anak-anak Winnie sempat memberikan kata-kata sambutan yang menyudutkan para pelanggar HAM.

Dilansir dari BBC, Minggu (15/4), anak-anak Winnie mengaku sangat kecewa karena setelah kematian ibunya, beberapa orang mengambil keuntungan.

"Sangat mengecewakan melihat bagaimana mereka menahan kata-kata mereka selama masa hidup ibu saya. Masih ada kebenaran yang akan dibagikan ke dunia,” kata Mandela-Dlamini.

Presiden Ramaphosa menggambarkan Winnie Mandela sebagai simbol perlawanan yang meletakkan bangunan patriarki. Dia meminta maaf karena terlambat mengakui kontribusinya.

"Saya minta maaf, Mama, organisasi Anda tertunda untuk saat ini. Sebagai presiden, saya akan mengusulkan memberikan penghargaan tertinggi atas pergerakan Anda,” kata Ramaphosa.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar