Pedang Viking Ditemukan di Pegunungan Norwegia

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Pedang Viking Ditemukan di Pegunungan Norwegia

Pedang Viking (Huffington Post)

Kamis, 14 September 2017 | 10:46

Analisadaily - Pedang Viking berusia 1.100 tahun ditemukan masih dalam kondisi baik di wilayah pegunungan Norwegia Selatan. Pedang Viking ditemukan oleh seorang pemburu rusa.

"Ini adalah jenis pedang Viking yang umum. Istimewanya, pedang masih dalam kondisi baik. Ditemukan di 1640 meter atau 5381 kaki di atas permukaan laut," jelas Lars Pilø, seorang arkeolog di Oppland County Council.

"Sepengetahuan saya, pedang Viking belum pernah ditemukan di ketinggian yang begitu tinggi sebelumnya," tambahnya, seperti dilansir dari Fox News, Kamis (14/9).

Peneliti mendampingi pemburu bernama Einar Ambakk, yang menemukan pedang tersebut, kembali ke lokasi penemuan menggunakan detektor logam. Sayangnya, tidak ditemukan artefak lainnya di sekitar wilayah penemuan pedang.

"Pedang bisa bertahan di atas seribu tahun merupakan hal yang mustahil bagi sebagian orang. Sebelumnya kita sudah menemukan panah besi yang lebih tua lagi, dengan tingkat pelestarian yang sama," tambah Pilø.

Pilø menghubungkan bertahannya kondisi fisik pedang dengan kualitas besi Viking yang sangat baik pula. Pedang bisa bertahan di kondisi dingin dan kering pegunungan."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar