Paus Mulai Berburu Hiu

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Paus Mulai Berburu Hiu

Hiu putih terdampar di lepas pantai setelah diserang paus (Fox News)

Sabtu, 9 Desember 2017 | 13:40

Analisadaily - Di lepas pantai Afrika Selatan, hiu putih dan paus pembunuh atau biasa disebut orcas terlibat perkelahian yang membuat hiu putih terdampar mati di lepas pantai.

Fenomena ini membingungkan para peneliti, karena belum pernah terjadi sebelumnya dan jarang sekali paus ingin memakan hiu putih.

"Dari perspektif ilmiah di Afrika Selatan, ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya," kata Alison Towner, ahli biologi hiu putih di Dyer Island Conservation Trust, Gansbaai, Afrika Selatan.

Tidak hanya satu, ada lima hiu putih yang terdampar dengan luka di bawah sirip. Hiu putih memiliki panjang antara 9 hingga 16 kaki. Luka yang ada di bawah sirip dipastikan luka karena penyerangan paus pembunuh.

"Saya telah melihat beberapa hal luar biasa selama berada di konservasi Pulau Dyer. Satu hal yang tidak pernah saya duga adalah tekanan predasi dari paus pembunuh. Kami belum pernah melihat paus pembunuh di sekitar sini sebelum tahun 2011," kata Towner.

Paus pembunuh pada umumnya menutup semua komunikasi, menyelinap dan menundukkan hiu dengan ekornya yang besar dan kuat. Kemudian membalikkan hiu untuk menimbulkan kelumpuhan sesaat.

Orcas adalah predator yang sangat spesial. Mereka biasanya makan beberapa ikan jenis lainnya, tapi jarang sekali hiu putih.

"Sekarang paus belajar cara membunuh hiu putih, itu mungkin tidak akan berhenti dalam waktu dekat," lanjutnya, seperti dilansir dari Fox News, Sabtu (9/12).

"Hiu menghadapi banyak ancaman di Afrika Selatan. Mulai dari perburuan, polusi, pembangunan pesisir, dan dampak pemanasan global. Sekarang, semakin banyak ancaman."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar