Pabrik ini Produksi 1 Juta Nyamuk dalam Seminggu

Penulis: Sagita Purnomo | Editor: Triansari Prahara

Pabrik ini Produksi 1 Juta Nyamuk dalam Seminggu

Ilustrasi (Daily Mail)

Sabtu, 1 Agustus 2015 | 20:18

Analisadaily – Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang paling dibenci setiap orang di dunia. Karena selain menghisap darah dan menimbulkan sensasi gatal dari bekas gigitannya, nyamuk juga menjadi sumber penyakit yang sangat merepotkan seperti malaria ataupun Demam Berdarah Dengue (DBD).

Fakta buruk mengenai nyamuk itu tidak mempengaruhi sekelompok peneliti dari provinsi Guangdong Tiongkok, untuk memproduksi satu juta nyamuk dalam seminggu melalui sebuah pabrik.

Namun nyamuk ini berbeda dengan jenis lainnya yang menghisap darah dan menimbulkan penyakit. Nyamuk ini merupakan spesies yang dikembangkan oleh ilmuwan yang sama sekali tidak mengkonsumsi darah. Untuk bertahan hidup, nyamuk ini mengkonsumsi nektar dari bunga seperti lebah dan kupu-kupu.

Dengan jumlah nyamuk ‘baik’ yang terus meningkat ini, diharapkan dapat mengurangi populasi nyamuk penyebab demam berdarah di lingkungan. Ilmuwan berharap melalui proyeknya ini dapat mengurangi jumlah nyamuk demam berdarah hingga 90 persen.

Dikutip dari Daily Mail, dalam satu dekade terakhir, korban tewas akibat demam berdarah di Tiongkok mencapai 47.000. Keprihatinan inilah yang menginspirasi para ilmuan untuk menciptakan jutaan nyamuk setiap minggunya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar