Nematoda Masih Hidup Setelah Membeku 42.000 Tahun

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Nematoda Masih Hidup Setelah Membeku 42.000 Tahun

Nematoda (Fox News)

Sabtu, 28 Juli 2018 | 14:46

Analisadaily - Sepasang Nematoda atau biasa disebut cacing gelang mampu hidup kembali setelah dibekukan dalam permafrost selama hampir 42.000 tahun.

Para ilmuwan Rusia mengatakan, dua cacing prasejarah itu bisa bergerak dan makan setelah hidup kembali di laboratorium Institute of Physico-Chemical and Biological Problems of Soil Science di Moskow.

"Setelah dicairkan, nematoda menunjukkan tanda-tanda kehidupan," kata salah seorang ilmuwan, dilansir dari Fox News, Sabtu (28/7).

Diketahui, salah satu cacing gelang itu ditemukan di dekat Sungai Alazeya pada tahun 2015 dan diyakini berusia sekitar 41.700 tahun. Cacing itu ditemukan sekitar 11,5 kaki di bawah tanah.

Sementara cacing lainnya ditemukan pada tahun 2002 di sebuah lubang penggalian fosil di dekat Sungai Kolyma. Sampel-sampel ini diambil di kedalaman 100 kaki di bawah tanah.

Cacing itu ditemukan dekat dengan Pleistosen Park, tempat sebuah proyek percobaan untuk menciptakan kembali habitat Mammoth yang sudah punah.

"Data kami menunjukkan kemampuan organisme multisel untuk bertahan hidup jangka panjang (puluhan ribu tahun) cryobiosis di bawah kondisi cryoconservation alami," lanjut sang ilmuwan.

"Nematoda Pleistosen memiliki beberapa mekanisme adaptif yang penting secara ilmiah dan praktis untuk bidang ilmu terkait, seperti cryomedicine, cryobiology dan astrobiology," pungkasnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar