NASA Ingin Cegah Gunung Api Yellowstone Meletus

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

NASA Ingin Cegah Gunung Api Yellowstone Meletus

Yellowstone (Fox News)

Selasa, 29 Agustus 2017 | 09:54

Analisadaily - NASA yakin, gunung api Yellowstone merupakan ancaman yang lebih besar bagi kehidupan di Bumi dari pada asteroid manapun. Jadi, NASA berencana mencegah terjadi letusan di masa mendatang.

Taman Nasional Yellowstone adalah taman nasional yang sangat indah di Amerika Serikat. Wilayah ini manarik puluhan ribu pengunjung setiap tahunnya. Namun, gunung api Yellowstone akan sangat mengerikan jika meletus. Gunung api menampung sekitar 500 miliar mil kubik magma cair.

"Saya adalah anggota Dewan Penasehat NASA untuk Pertahanan Planetary yang mempelajari cara-cara NASA bisa mempertahankan planet ini dari asteroid dan komet," kata Brian Wilcox dari Laboratorium Propulsi Jet NASA (JPL).

Ada sekitar 20 gunung berapi super yang dikenal di Bumi. Letusan besar terjadi sekitar 100.000 tahun sekali. Kemungkinan jauh lebih tinggi daripada komet yang membuat Dinosaurus punah. Jadi, NASA menugaskan ilmuannya untuk mencari cara pencegahan.

Dalam kasus Yellowstone, ledakan akan mengubah iklim dunia selama beberapa abad. Ini pernah terjadi sebelumnya. Sampel tanah menemukan adanya aliran lahar sepanjang ratusan mil panjang. Dilaporkan dari Fox News, Selasa (29/8), peristiwa yang tidak jauh berbeda dari Yellowstone adalah Danau Toba di Sumatera Utara.

Sekitar 75.000 tahun yang lalu, bencana Toba, mengeluarkan 4000 ton gas hidrogen sulfida ke atmosfer bersamaan dengan 2800 kilometer kubik ejecta. Kejadian ini membuat Bumi mengalami musim dingin selama satu dekade.

Yellowstone diperkirakan tidak akan meletus dalam waktu dekat. Tampaknya meledak kira-kira setiap 700.000 tahun sekali.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar