Mikroba Bisa Hidup Dari Planet ke Planet

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Mikroba Bisa Hidup Dari Planet ke Planet

Mikroba (Fox News)

Sabtu, 25 November 2017 | 11:33

Analisadaily - Debu yang bergerak cepat secara teoritis dapat membawa mikroba melayang tinggi ke atmosfer luar angkasa. Hal ini berpotensi mengirim hewan mikro atau organisme melakukan perjalanan ke beberapa planet. Bahkan bisa mengorbit bintang yang berbeda.

"Tabrakan debu dan angkasa dapat mendorong organisme berada di jarak yang sangat jauh antara planet-planet. Ini menarik karena ilmuan bisa tahu asal atmosfer planet," kata peneliti Arjun Berera, seorang profesor di Sekolah Fisika dan Astronomi di Universitas Edinburgh, Skotlandia.

"Aliran debu dan ruang ditemukan di seluruh sistem planet. Ini bisa menjadi faktor umum dalam kehidupan yang berkembang biak," tambah Berera, seperti laporan dari Fox News, Sabtu (25/11).

Berera bukanlah orang pertama yang mengusulkan tentang organisme bisa melompat dari  planet satu ke planet lainnya di seluruh kosmos. Ide dasar itu dikenal sebagai panspermia, dan telah ada selama ribuan tahun.

Teori tersebut kembali mendapat perhatian karena para ilmuwan telah menunjukkan beberapa organism, seperti bakteri tertentu dan hewan mikro yang dikenal sebagai Tardigrades, dapat bertahan untuk waktu yang lama di luar angkasa.

Selama ini, komet atau asteroid menjadi satu-satunya teori yang membentuk planet. Dampak komet atau asteroid memang telah diakui karena peneliti menemukan banyak meteor di Bumi. Meteor yang ditemukan merupakan batu yang pernah menjadi bagian Mars, termasuk meteor ALH84001.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar