Merayakan Keindahan Budaya Batak Melalui 'Pariban: Idola dari Tanah Jawa'

Merayakan Keindahan Budaya Batak Melalui 'Pariban: Idola dari Tanah Jawa'

Para pemeran film Pariban: Idola dari Tanah Jawa.

(rel/rzd)

Minggu, 5 Mei 2019 | 11:08

Analisadaily (Medan) - Film Pariban: Idola dari Tanah Jawa akan mulai tayang di Bioskop pada 9 Mei 2019. Pariban yang merupakan Film Perdana Stayco Media ini dibintangi Atiqah Hasiholan, Ganindra Bimo, dan Rizki Mocil.

Produser Agustinus Sitorus dan Sutradara Andibachtiar Yusuf ingin merayakan keindahan budaya Batak kepada generasi muda melalui film bergenre komedi romantis. Agustinus mengatakan, film ini adalah upaya merayakan berbagai keindahan dalam budaya batak dalam sebuah sajian film komedi.

“Ini merupakan film komedi romantis yang dapat dinikmati semua kalangan, dengan dibalut unsur budaya Batak yang khas dan unik,” katanya, Minggu (5/5).

Dijelaskannya, pariban merupakan cerita semua pemuda-pemudi Batak. Menurutnya, semua orang batak punya pariban dan memiliki cerita sendiri dengan paribannya. Film ini ingin coba mewakili setiap kisah pemuda-pemudi batak dengan paribannya.

“Hari ini kita ingin membuka dialog tentang budaya batak, bukan dengan menggurui tapi dengan komedi. Karena semua orang pasti suka komedi, menertawakan situasi,” ujarnya.

Bagi Sutradara Andibachtiar Yusuf, film Pariban adalah salah satu project yang dianggap menarik, baik secara genre ataupun seting budaya dan tempat. Menurutnya, komedi adalah genre yang sangat menantang, dan batak adalah kultur yang sangat dekat dengannya.

“Karena saat kecil sering sekali orang batak main ke rumah, baik sekedar ngobrol dengan orang tua atau main kartu hingga pagi. Ketika produser berkata bahwa Ia ingin membuat sebuah film bertema budaya Batak, namun bergenre komedi, saya langsung terpanggil,” sebutnya.

Adu Akting Perdana Atiqah dan Bimo

Film ini merupakan kesempatan perdana Atiqah Hasiholan beradu akting dengan Ganindra Bimo. Atiqah Hasiholan khusus memberikan apresiasi terhadap totalitas Bimo dalam memerankan tokoh Moan di #FilmPariban.

“Menyenangkan bisa main bareng Ganindra Bimo yang totalitas aktingnya sangat saya sukai,” ucapnya.

Pariban bercerita tentang Moan sosok pemuda Batak yang sudah lama tinggal di Jakarta. Meski usianya sudah menginjak 35 tahun, tetapi belum punya pacar. Situasi ini membuat ibunya yang bermukim di Jakarta pusing dan harus turun tangan.

Lalu memaksa Moan untuk mudik dan menikah dengan Paribannya, Uli. Di luar dugaan, Uli yang diceritakan sebagai wanita cantik dan mencintai budaya Batak, sudah memilik kekasih. Pariban Idola dari Tanah Jawa dibintangi Atiqah Hasiholan, Ganindra Bimo, Dayu Wijanto, Rizki Mocil, Bang Tigor, Imelda Budiman, Mak Gondut, dan masih banyak lagi.

(rel/rzd)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar