Mengenal Kucing Pertama yang Berangkat ke Luar Angkasa

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Mengenal Kucing Pertama yang Berangkat ke Luar Angkasa

Félicette jadi hewan pertama yang berangkat ke luar angkasa (Fox News)

Minggu, 12 November 2017 | 10:45

Analisadaily - Pada tanggal 18 Oktober 1963, seekor kucing Perancis bernama Félicette menjadi kucing pertama sekaligus satu-satunya yang pernah berangkat ke luar angkasa hingga saat ini.

Félicette meluncur ke ruang angkasa menggunakan roket Véronique AG1 dan terbang sejauh hampir 100 mil (157 kilometer) di atas permukaan bumi.

Namun kecepatan roket mendadak meningkat hingga enam kali dari yang diperkirakan. Roket itu mengalami masalah, tetapi Félicette secara cerdas kembali ke bumi dengan selamat menggunakan kapsul kecil yang dirancang khusus.

"Selama 54 tahun terakhir, cerita tentang kucing pertama dan satu-satunya yang pernah pergi ke luar angkasa nyaris terlupakan. Padahal dia layak dikenang," kata seorang astronot, dilansir dari Fox News, Minggu (12/11).

Setelah kembali dari luar angkasa, Félicette hidup sehat hingga akhirnya meninggal akibat usai yang semakin tua. Kini para astronot ingin mengabadikan jasanya di kota asalnya, Paris, Perancis.

Masyarakat diharap menyumbangkan dana untuk pembangunan patung Félicette yang terbuat dari perunggu.

"Simpanse pertama yang ke ruang angkasa dikubur di Hall of Fame Luar Angkasa Internasional. Anjing pertama yang ke luar angkasa diabadikan dalam bentuk perunggu. Kucing pertama tidak memiliki apa-apa," tambahnya.

Félicette adalah satu dari 14 kucing yang dipilih dalam program luar angkasa Perancis untuk menjalani pelatihan antariksa. Keikutsertaannya dalam program luar angkasa merupakan tonggak sejarah besar bagi Perancis yang baru saja membentuk badan antariksa ketiga di dunia (setelah AS dan Uni Soviet).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar