Mengenal Adat Istiadat dan Ritual di Kota Malang

Mengenal Adat Istiadat dan Ritual di Kota Malang

Tradisi Bantengan di Malang (Taurus Wisata Blogspot)

(rzp/csp)

Kamis, 15 Agustus 2019 | 10:40

Analisadaily - Anda berencana untuk berwisata di Kota Malang, Jawa Timur, dalam waktu dekat? Beruntung, kali ini kami akan membahas kebudayaan dan kegiatan seremonial yang melekat pada masyarakat di Kota Apel tersebut. Seperti apa sajakah? Simak yang berikut ini.

Selamatan Jumat Legi

Dalam hitungan Jawa, terdapat hari yang disebut Jumat Legi yang datangnya hanya sekali dalam sebulan. Sebagai peringatan atau perayaan hari itu, dibuatlah sebuah selamatan di rumah warga.

Acara selamatan yang dihadiri para kerabat dan tetangga tersebut terdiri dari beberapa kegiatan ritual, yaitu berdoa bersama dan berbagi “berkat”—yang biasanya dikemas dalam kotak dus—berisi nasi, sayur dan lauk pauk; serta makanan pencuci mulut berupa buah-buahan atau kue-kue basah tradisional.

Kenduren

Tradisi yang satu ini mungkin lebih familiar didengar, karena tidak hanya diselenggarakan oleh warga Kota Malang. Pada umumnya, masyarakat di sana mengadakan Kenduren dalam rangka perayaan khitanan atau pernikahan.

Selain itu, Kenduren juga diadakan untuk mengenang anggota keluarga yang telah wafat. Ritualnya hampir sama dengan selamatan Jumat Legi, yakni berdoa bersama dan berbagi “berkat”.

Bantengan

Bantengan—yang berasal dari kata banteng—adalah seni pertunjukan yang menggabungkan teater tari, seni bela diri supranatural, musik, dan syair. Para pemain yang memakai kostum banteng mungkin telah mengalami trans (keadaan tidak sadar), terutama mereka yang diposisikan pada kepala banteng.

Ketika kondisi trans terjadi, diyakini bahwa para pemain tersebut sedang dirasuki oleh roh leluhur banteng bernama Dhayangan.

Tabur Bunga di Perempatan Jalan

Tradisi yang satu ini merupakan ritual persembahan yang dilakukan masyarakat setempat dengan cara menaburkan beberapa jenis bunga setaman—seperti mawar, kenanga, kantil, dan melati—di sebagian perempatan jalan.

Ritual yang juga selalu diadakan pada hari Jumat Legi ini dilakukan untuk mendoakan para arwah leluhur yang dihormati lewat media persembahan tabur bunga.

Kupatan

(Berbagai Sumber)

(Berbagai Sumber)

Adat istiadat khas Kota Malang yang satu ini biasanya diadakan sepekan setelah perayaan Idulfitri. Serupa dengan ritual selamatan lainnya, Kupatan yang namanya diinspirasi dari “Ketupat” juga terdiri dari ritual doa bersama dan berbagi “berkat”.

Bedanya, berkat yang dibagikan ini berisi potongan ketupat, lepet, atau lontong yang lengkap dengan kuah sayurnya.

Nyadran

Masyarakat Desa Lawang yang masih terletak di wilayah Kota Malang biasanya mengadakan upacara Nyadran pada masa panen, setidaknya sekali dalam setahun.

Upacara ini dilakukan secara beramai-ramai oleh warga desa di tepi sungai untuk menghanyutkan persembahan mereka—yang disebut “takir”—berupa nasi putih, beberapa potong ayam (biasanya hanya bagian kaki, kepala, sayap, dan jeroan saja), bunga setaman, beberapa jenis bumbu, dan rempah-rempah.

Upacara Nyadran ini dilakukan dengan tujuan mendoakan arwah nenek moyang setempat agar pertanian mereka menghasilkan panen yang berkualitas, serta untuk meminta hujan dan mensyukuri hasil panen yang sudah ada.

Ritual ini biasanya juga diiringi kesenian khas Jawa Timur seperti pertunjukan wayang, orkes dangdut, kuda lumping, dan kesenian Bantengan yang telah dibahas di atas.

Nontoni

Berikutnya adalah Nontoni, yaitu ritual warga dalam menyaksikan proses pernikahan secara langsung. Diawali dengan pertemuan kedua calon mempelai; lamaran; peningsetan (acara pinangan atau “pengikatan”).

Pasang terob (semacam replika rumah dari daun kelapa dan bambu, serta janur); pingitan (7 hari berpuasa sebelum pernikahan); siraman (ritual memandikan calon mempelai wanita dan doa bersama); hingga Jomblokan (ijab kabul/nikah); dan resepsi pernikahan.

Nah, sebelum Anda mengunjungi berbagai tempat wisata di Malang atau hendak turut menyaksikan seremonial masyarakat setempat, manfaatkan dulu situs resmi atau aplikasi Airy.

Difasilitasi oleh jaringan Airy, Anda akan menemukan berbagai hotel di Malang yang siap direservasi. Dijamin, Anda akan mendapatkan fasilitas memuaskan seperti flat TV, AC, tempat tidur rapi dan bersih, hot shower beserta perlengkapan mandinya, air mineral dan akses internet gratis. Pun pembayarannya sangat mudah, bisa melalui transfer atau kartu kredit!

(rzp/csp)

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar