Matikan Smartphone Anda Satu Jam Sebelum Tidur

Penulis: Reza Perdana

Matikan Smartphone Anda Satu Jam Sebelum Tidur

Ilustrasi (Pixabay)

Jumat, 8 November 2019 | 22:25

Analisadaily - Apakah Anda punya kebiasaan memeriksa smartphone sebelum tidur? Anda mungkin ingin mengurangi rutinitas ini karena telah terbukti merusak peluang Anda untuk tidur yang lebih baik.

Kurang tidur yang berkualitas dapat menyebabkan masalah kesehatan dan bahkan mempersingkat hidup Anda.

Dilansir dari clevelandclinic.org. Jumat (8/11), Spesialis gangguan tidur, Harneet Walia mengatakan, setidaknya ada tiga alasan mengapa smartphone bisa mengganggu ketenangan pikiran yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk tidur nyenyak.

1. Jangan biarkan smartphone mengganggu pikiran

Smartphone dirancang untuk memberi Anda informasi. Bahkan jika Anda merasa nyaman di bawah selimut, otak Anda akan terus berlomba untuk menyerap informasi, dan emosi Anda akan dirangsang oleh konten yang Anda lihat di smartphone.

"Memeriksa telepon Anda merangsang otak, sehingga Anda lebih aktif dan terjaga. Bahkan hanya pemeriksaan cepat dapat melibatkan otak dan membuat Anda tetap terjaga," kata Walia.

Smartphone dan aplikasi online dirancang untuk membuat kita tetap terhubung dan memperoleh respons segera. Anda dapat menunda menaruh telepon dan menutup mata, karena Anda melihat sesuatu yang menarik. Mungkin Anda akan tertarik dan ingin menulis komentar.

2. Bahaya radiasi cahaya biru

Cahaya biru dari smartphone Anda berbahaya bagi mata dan otak. Walia mengatakan, para peneliti menemukan korelasi antara tingkat melatonin yang tertekan dan paparan cahaya biru.

Melatonin adalah hormon yang mengontrol siklus tidur dan bangun. Ketika tubuh Anda tidak menghasilkan melatonin yang cukup, Anda mengalami insomnia, kelelahan dan mudah marah.

"Cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone dirancang untuk meniru siang hari, yang mungkin membingungkan jam tubuh Anda. Akibatnya, dapat membingungkan siklus tidur dan bangun internal Anda," terangnya.

3. Gangguan emosional

Memeriksa media sosial akan membuat Anda terpapar berbagai jenis emosi, yang mungkin belum siap Anda tangani.

Walia mengatakan, emosi, baik dikarenakan melihat video, mungkin memicu respons yang akan menunda tidur Anda. Emosi, pikiran, dan kecemasan mungkin merayap ke dalam pikiran Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari tidur yang sangat Anda butuhkan.

Untuk mengurangi efek buruk dari smartphone, Walia merekomendasikan untuk tidak terpapar layar satu jam sebelum tidur. Rekomendasinya tidak terbatas pada smartphone tetapi juga mencakup televisi dan tablet.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar