Matahari jadi Bola Kristal Raksasa Saat Mati

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Reza Perdana

Matahari jadi Bola Kristal Raksasa Saat Mati

Matahari (B&H)

Minggu, 13 Januari 2019 | 12:21

Analisadaily - Matahari menghasilkan 3,86 x 10 ^ 26 watt energy. Jumlah yang sangat besar tentunya. Pernahkan Anda pikirkan apa yang terjadi jika Matahari tidak lagi menghasilkan panas? Jawabnya, ketika matahari mati, dia akan berubah menjadi bola kristal yang sangat besar.

Ketika bintang mati, mereka akhirnya menjadi benda putih dan bukti baru menemukan, benda putih akhirnya mengkristal seiring waktu. Begitu pula dengan matahari.

"Ini adalah bukti langsung bagaimana proses transisi dari cair ke padat," kata Dr. Pier-Emmanuel Tremblay dari Departemen Fisika Universitas Warwick, seperti dilansir dari Fox News, Minggu (13/1).

"Diperkirakan lima puluh tahun yang lalu, kita bisa mengamati penumpukan bintang mati pada luminositas dan warna tertentu karena kristalisasi dan baru sekarang ini diamati," tambahnya.

Data dikumpulkan oleh Gaia Badan Antariksa Eropa dan dianalisis selama rentang lima tahun. Setidaknya, sudah ada 15.000 bintang mengkristal yang jaraknya sekitar 330 tahun cahaya dari Matahari.

"Bila dibandingkan dengan model evolusi bintang, tumpukan bintang yang mengkristal bertepatan dengan fase dalam perkembangan mereka di mana panas laten diprediksi akan dilepaskan dalam jumlah besar, yang mengakibatkan perlambatan proses pendinginan."

"Diperkirakan, dalam beberapa kasus, bintang-bintang ini telah memperlambat penuaan mereka hingga 2 miliar tahun, atau 15 persen dari usia galaksi kita."

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar