Lukisan Mao Zedong Terjual Rp 167 Miliar

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Reza Perdana

Lukisan Mao Zedong Terjual Rp 167 Miliar

Lukisan dengan sosok Mao Zedong karya Andy Warhol yang berhasil dilelang baru-baru ini di Hong Kong (ABC Online)

Senin, 3 April 2017 | 11:23

Analisadaily - Sebuah lukisan dengan sosok mantan pemimpin Tiongkok, Mao Zadong, akhirnya berhasil terjual. Lukisan karya Andy Warhol ini terjual seharga $12,6 juta atau setara Rp 167 miliar dalam sebuah lelang di Hong Kong, Minggu (2/4) kemarin.

Ini pertama kalinya salah satu karya Warhol yang menggambarkan sosok pendiri pemimpin komunis tersebut telah dilelang, dan dijual di wilayah Negeri Tirai Bambu.

Dilansir dari ABC Online, Senin (3/4), lukisan yang berjudul Mao itu dijual oleh perusahaan pedangan seni, Sotheby’s, kepada seorang kolektor pribadi asal Asia yang dirahasiakan namanya.

Angka penjualan sedikit meleset dari perkiraan sebelumnya, yang awalnya ditaksir terjual seharga $15 juta (Rp 199 miliar). Kendati demikian, angka itu meningkat 20 persen dibandingkan saat terakhir kali dijual tiga tahun lalu di London, Inggris.

Warhol mulai melukis Mao pada 1972 silam saat mantan presiden AS Richard Nixon melakukan perjalanan bersejarah ke Beijing, ketika hubungan antara Tiongkok dan AS mulai mencair pasca Perang Dingin lalu.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar