Lokasi Situs Chernobyl Kini Jadi Objek Wisata

Penulis: Reza Perdana

Lokasi Situs Chernobyl Kini Jadi Objek Wisata

Wisatawan mengnjungi lokasi situs Chernobyl (Daily Mail)

Senin, 17 Juni 2019 | 16:03

Analisadaily - Keberhasilan miniseri televisi HBO berdasarkan kecelakaan nuklir tahun 1986, Chernobyl, telah mengarahkan wisatawan dan penggemar untuk mengunjungi situs bencana yang kini dijadikan sebagai objek wisata.

Menurut Washington Post, perusahaan wisata seperti SoloEast Travel dan Chernobylwel menyatakan, telah terjadi peningkatan pemesanan sebesar 30 persen selama bulan Mei dan hingga beberapa bulan ke depan.

Pengunjung diizinkan untuk melihat Kota Pripyat di Ukraina dan pembangkit listrik itu sendiri. Namun, beberapa area di sekitar pembangkit listrik terlarang, karena alasan keamanan.

Meskipun seri didasarkan pada peristiwa aktual, cerita ini mencakup beberapa urusan fiksi yang tidak serta-merta sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Namun demikian, dilansir dari Asia One, Senin (17/6), Chernobyl telah dipuji karena membahas berbagai tema, seperti ancaman politik dan manajemen yang ceroboh dalam persenjataan dan bahan kimia.

Fenomena ini, bagaimanapun, juga menuai kritik, karena kota dengan sejarah yang suram dipandang sebagai taman hiburan.

Satu perusahaan menawarkan pelanggan kesempatan untuk mengendarai kendaraan yang dilindungi, serta untuk mencoba peluncuran pembangkit listrik sementara mereka menemukan rahasia dan cerita dari peristiwa yang terjadi.

Ketika film Chernobyl Diaries dirilis pada 2012, muncul gagasan taman hiburan di kota itu. SoloEast mencatat, jumlah pengunjung dalam beberapa tahun terakhir 11.000 orang.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar