lmuwan Buat Enzim Penghancur Botol Plastik

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Christison Sondang Pane

lmuwan Buat Enzim Penghancur Botol Plastik

Sampah plastik (Ubergizmo)

Selasa, 17 April 2018 | 12:13

Analisadaily - Seperti yang ketahui, plastik sampai batas tertentu dapat didaur ulang. Namun, proses daur ulangnya cukup sulit dan lama dibandingkan bahan lainnya.

Meningkatnya jumlah plastik di Bumi dan sudah menjadi masalah global, membuat para ilmuan terus mencari cara menangani masalah ini. Cara terbaru yang ditawarkan adalah penciptaan enzim yang dapat menghancurkan plastik.

Dilansir dari Ubegrizmo, Selasa (17/4), para peneliti awalnya terinspirasi penemuan bakteri pada 2016 di Jepang yang secara alami berevolusi untuk memakan plastik. Enzim diubah agar berevolusi dan kini enzim lebih efektif.

Enzim ini dikatakan sangat efektif, karena hanya perlu beberapa hari untuk mengurai plastic. Jauh lebih cepat daripada proses alami. Para peneliti optimis dan percaya, cara ini akan menjadi cara berskala besar.

Menurut John McGeehan, seorang profesor di University of Portsmouth, Inggris yang memimpin penelitian, plastik yang terurai akan berubah menjadi komponen aslinya.

“Jadi, kami benar-benar dapat mendaur ulang kembali ke plastik. Kita tidak perlu menggali lebih banyak minyak dan, pada dasarnya, itu harus mengurangi jumlah plastik di lingkungan,” kata McGeehan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar