Lima Mitos Terkait Gerhana Matahari

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Eka Azwin Lubis

Lima Mitos Terkait Gerhana Matahari

Gerhana matahari (Science)

Selasa, 15 Agustus 2017 | 13:42

Analisadaily - Gerhana matahari total akan terjadi di Amerika Serikat pada tanggal 21 Agustus mendatang. Berbagai persiapan untuk melihat fenomena langka itu pun telah dipersiapkan.

Mengenai gerhana matahari total, sebelum banyak orang yang mengetahui fenomena ini secara detail, ada beberapa mitos yang sempat tersebar.

Setidaknya, lima mitos yang dianggap paling aneh dan lucu tentang gerhana matahari total sudah menjadi cerita turun-temurun.

Menurut laporan Fox News, Selasa (15/8), pada abad ke-16, masyarakat Aztec sempat mengalami kekacauan karena mitos tersebut.

Namun apa yang menjadi mitos tentu tidak akan terjadi jika dilihat dari ilmu pengetahuan. Mitos-mitos terkenal tentang gerhana matahari total antara lain:

Asal usul

Ada banyak kepanikan yang terjadi saat orang-orang tidak tahu apa itu gerhana matahari. Beberapa negara percaya, gerhana matahari dikaitkan dengan setan atau dewa. Sementara yang lain menyebutkan naga.

Orang-orang Shan (Vietnam sekarang) mengira bahwa gerhana matahari berasal dari roh jahat yang berbentuk katak.

Sembunyikan Anak-anak dan Wanita

Dalam budaya yang meyakini mitos ini, wanita dan anak kecil disarankan untuk bertahan di dalam rumah saat terjadi gerhana.

Di India, beberapa daerah mewajibkan masyarakatnya agar berpuasa saat terjadi gerhana. Hal ini dilakukan karena makanan yang dimasak selama gerhana diyakini tidak murni atau beracun.

Tanam sesuatu

Orang Italia sudah lama percaya jika bunga yang ditanam saat terjadi gerhana, maka akan lebih berwarna saat mekar.

Jangan Bertengkar

Orang-orang Benin percaya, gerhana terjadi karena matahari dan bulan saling berkelahi. Untuk mendapatkan matahari kembali, orang-orang di bumi disarankan agar segera menyelesaikan pertengkaran diantara mereka.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar