Lady Gaga Dituduh Mencuri Melodi untuk Lagu ‘Shallow’

Penulis: Christison Sondang Pane

Lady Gaga Dituduh Mencuri Melodi untuk Lagu ‘Shallow’

Pelantun lagu 'Shallow', Lady Gaga (Aceshowbiz)

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 10:39

Analisadaily - Lady GaGa dituduh mencuri melodi untuk lagu ‘Shallow’ dari penulis lagu AS Steve Ronsen. Sebulum tuduhan ini datang, lagu tersebut memperoleh Oscar untuk Lagu Asli Terbaik yang jadi soundtrack film ‘A Star Is Born’.

Gaga membuat lagu tersebut bersama dengan rekan penulis Andrew Wyatt, Anthony Rossomando dan Mark Ronson.

Dilansir dari Aceshowbiz, Sabtu (10/8), tapi sekarang penulis lagu yang relatif tidak dikenal, Ronsen meminta jutaan dolar dalam penyelesaian, karena ada tiga nada dalam lagu diambil dari lagu ‘Almost’.

Tidak senang atas tuduhan itu, GaGa menyewa pengacara Orin Snyder, yang baru-baru ini juga mengeluarkan sebuah pernyataan kepada kolom gosip New York Post, Page Six.

"Tuan Ronsen dan pengacaranya berusaha mendapatkan uang dengan mudah dari artis yang sukses. Itu memalukan dan salah. Saya memuji Lady GaGa karena memiliki keberanian dan integritas untuk membela artis-artis sukses yang mendapati diri mereka klaim itu. Jika Tuan Shirian meneruskan kasus ini, Nyonya GaGa akan melawannya dengan penuh semangat dan akan menang,” pernyataan kuasa hukuk Gaga.

Ronsen menuduh, kait catatan G, A, B dalam ‘Shallow’ diambil dari ‘Almost’, tetapi tim GaGa membalas dengan menjawab, trio note itu telah muncul dalam karya musik sejak berabad-abad yang lalu, seperti lagu Kansas ‘Dust in the Wind’ dirilis pada 1978.

Dihubungi oleh Page Six, pengacara Ronsen Mark D. Shirian mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Dalam upaya menyelesaikan masalah ini secara damai beberapa bulan yang lalu, kantor saya menyediakan tim hukum Lady GaGa, atas permintaan mereka, dengan laporan resmi dari seorang ahli musik terkenal dan dihormati dan profesor yang menentukan, ada kesamaan tempo, melodik, ritmis, dan harmoni yang sama antara kedua 'kait' dari lagu yang dipermasalahkan. Tim Lady GaGa belum memberi laporan musikologis yang berlawanan, yang kami minta beberapa kali,” pernyataan Ronsen.

Masih harus dilihat apakah Ronsen maju atau tidak dengan ancamannya untuk meluncurkan gugatan jutaan dolar terhadap GaGa atas klaim tersebut.

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar