Kupu-kupu Rawa Langka Kembali ke Habitatnya

Penulis: Elfa Harahap | Editor: Ria Situmorang

Kupu-kupu Rawa Langka Kembali ke Habitatnya

Kupu-kupu rawa (BBC)

Senin, 25 Juli 2016 | 08:19

Analisadaily - Semakin banyak hewan langka dan dinyatakan dalam status nyaris punah di seluruh dunia. Termasuk kupu-kupu rawa. Jenis kupu-kupu rawa langka ini telah dinyatakan hilang dari habitatnya selama 100 tahun belakangan.

Hingga, beberapa hari lalu, kebun binatang Chester menyatakan jenis kupu-kupu tersebut kembali ke sebuah rawa kecil di Lancashire yang menjadi rumah asli dari kupu-kupu ini.

"Mereka sudah tidak di Heysham setidaknya 100 tahun belakangan," kata Heather Prince, seorang penjaga invertebrata di kebun binatang, seperti laporan dari BBC, Senin (25/7).

"Kupu-kupu rawa dulu begitu umum. Salah satu nama yang terkenal adalah Manchester argus. Tapi jelas sekarang, Anda mungkin akan tidak pernah melihatnya,” tambah Prince.

Tahun 2004, Lancashire Wildlife Trust mulai membasahi rawa yang sudah kering karena bangunan dan adanya parit drainase dan birch scrub. Pihaknya juga kembali menanam makanan favorit kupu-kupu. Empat tahun setelah perbaikan dilakukan, kupu-kupu rawa kembali.

"Pada tahun 2012, kami menghidupkan kembali jenis-jenis makanan yang disukai mereka. Kami bekerja satu tahun untuk memperbaiki semuanya. Populasi kupu-kupu sekarang akan dipantau hingga tahun 2020.”

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar