Kondisi Kesehatan Orangutan Albino Berangsur Membaik

Penulis: Reza Perdana

Kondisi Kesehatan Orangutan Albino Berangsur Membaik

Orangutan albino (Daily Mail)

Kamis, 11 Mei 2017 | 17:30

Analisadaily - Kondisi kesehatan orangutan albino langka yang diselamatkan dari penangkaran kurang dari dua minggu lalu mulai membaik. Orangutan diselamatkan oleh pemerhati lingkungan.

Dilansir dari Asia One, Kamis (11/5), orangutan itu itu berhasil diselamatkan, setelah ditangkap oleh penduduk setempat di Kalimantan Tengah.

Orangutan diselamatkan setelah keluar dari habitat aslinya akibat penggundulan hutan yang merajalela. Hal itu membahayakan kehidupan dan habitat puluhan spesies orangutan dan hewan lainnya.

"Kami masih mengamati kondisi kulit dan matanya. Secara keseluruhan, dia telah menunjukkan kemajuan yang baik dalam 10 hari terakhir," kata dokter hewan, Arga Sawung Kusuma.

Meskipun dia belum memiliki berat badan yang ideal, dia telah mendapatkan 4,5 kg (9,9 pon) dan terus diberi makan berbagai buah, dan minum tebu serta susu secara teratur. Hal ini menandai peningkatan nafsu makan yang signifikan.

Orangutan dianggap sangat terancam oleh World Wildlife Fund, dan biasanya memiliki rambut cokelat atau oranye dengan mata gelap. Jenis ini merupakan hewan asli Indonesia dan Malaysia.

Sebelumnya orangutan albino ini berhasil menyita perhatian dan menjadi sorotan sejumlah media internasional. Saat ini hewan primata tersebut terus menjalani perawatan oleh tim medis Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah.

Orangutan albino ini ditemukan secara tak sengaja oleh warga Desa Tanggirang, Sei Anyo, Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, saat sedang membersihkan ladang.

Mendapat kabar, Yayasan BOS pun menjemput orangutan itu di Polsek Kapuas Hulu pada 29 April 2017, setelah penemu pertama, Kukun warga desa setempat diamankan polisi.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar